BREAKING NEWS
 

Jumlah Rakyat Sipil Korban Kekerasan Makin Banyak

Ulah Junta Myanmar Bikin Anggota ASEAN Frustrasi

Reporter : PAUL YOANDA
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Jumat, 28 Oktober 2022 07:05 WIB
Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN di Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022. (Foto Twitter @Menlu_RI)

 Sebelumnya 
Retno menambahkan, pertemuan itu juga membahas bantuan kemanusiaan kepada Myanmar bisa dilanjutkan. Dengan catatan, bantuan itu disalurkan ke masyarakat yang membutuhkannya.

Dalam pertemuan kemarin, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi menyampaikan bahwa sejauh ini telah diterima komitmen sebesar 27 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 420 miliar dana bantuan (life saving).

Baca juga : Sentuhan Dan Pelukan Ternyata Menyehatkan, Bikin Orang Nggak Gampang Stres

Bantuan kemanusiaan ASEAN dibagi menjadi dua fase. Fase pertama adalah life saving, yang saat ini masih berjalan. Kedua, life sustaining.

“Namun fase kedua ini belum dapat dilakukan dengan sempurna, karena tidak adanya akses dari militer,” ucapnya.

Baca juga : Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan Truk Kontainer Bekasi

Akses dari militer ini sangat dibutuhkan karena merupakan kunci, agar bantuan yang diberikan bisa mencapai masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Masalah ini akan ditindaklanjuti oleh Sekjen ASEAN dan Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana (AHA Center).

Tahun ini, negara yang bertindak sebagai Ketua ASEAN adalah Kamboja. Sementara Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense