BREAKING NEWS
 

Bantuan Alkes Gelombang Kedua

Duta Besar China Xiao Qian Tunaikan Janji

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Kamis, 14 Mei 2020 04:39 WIB
Dubes Xiao Qian (kanan) menyerahkan bantuan alkes secara simbolis kepada Menteri Pertahanan Prabowo, Selasa (12/5).(Foto Kedubes China, Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesuai janjinya pada pekan lalu, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian kembali menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) untuk Indonesia pada Selasa petang (12/5). Alat kesehatan tersebut merupakan bantuan gelombang kedua.

Bantuan pertama sudah mendarat pada 23 Maret lalu. Seperti pada penyerahan bantuan gelombang pertama, bantuan kedua ini kembali disambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Terminal Cargo Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Baca juga : Curhat ABK Asal Indonesia Yang Kerja di Kapal Ikan China: Belum Digaji dan Kerja 18 Jam Per Hari

“Kami selalu siap membantu Indonesia. Seperti janji saya pekan lalu, bantuan alat kesehatan kali ini dikirim untuk membantu tim medis yang berada di garda terdepan melawan wabah Covid-19,” kata Xiao Qian.

Adsense

Xiao Qian kembali menekankan kerja sama China dan Indonesia memiliki slogan ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul. Slogan ini bahkan dicetak di sebuah spanduk besar dan dibawa saat penyerahan bantuan alkes ini.

Baca juga : Dubes China Xiao Qian Sampaikan Selamat Berpuasa Meski Telat

“Kita memang selalu saling bantu. Itulah arti persahabatan yang sebenarnya,” tukas Xiao. Bantuan alat kesehatan yang diterima dari China termasuk disposable medical mask, medical surgical mask, KN95 respirator dan surgical mask-cone, medical goggles, disposable medical protective screen dan disposable protective jump suit.

Prabowo dalam keterangannya mengatakan, bantuan alkes itu nantinya akan disalurkan ke beberapa rumah sakit di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI sehingga diharapkan dapat membantu dalam pencega- han penyebaran virus corona dan penanganan wabah Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Ketua MPR Sumbang 1,3 Ton Beras untuk Marbot dan Mantan Napi

Operasi bantuan kemanusiaan ini juga melibatkan Kementerian Pertahanan China serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan China yang berinvestasi di Indonesia.

Per 13 Mei, jumlah kasus positif corona atau Covid-19 di Indonesia, secara kumulatif mencapai 15.438 kasus. Dari jumlah tersebut, 1.028 orang meninggal dunia dan 3.287 orang lainnya dinyatakan sembuh.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense