Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian

Perangi Covid-19, Rasakan Penderitaan Indonesia

Rabu, 1 April 2020 06:26 WIB
Karton berisi 40 ton alat kesehatan bantuan investor China tiba di Terminal Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (27/3). (Foto Istimewa)
Karton berisi 40 ton alat kesehatan bantuan investor China tiba di Terminal Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (27/3). (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itulah prinsip persahabatan antara China dan Indonesia menurut Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian. Untuk itu, Pemerintah China mengirim bantuan medis untuk membantu Indonesia memerangi virus corona penyebab Covid-19.

Bantuan tersebut sudah sampai di Jakarta, Sabtu (27/3). Berupa alat tes corona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, hingga ventilator portabel. Paket bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai pada 24 Maret lalu.

Baca juga : Impor dari China Sudah Tiba, Pasokan Bawang Putih Selama Covid-19 Dipastikan Aman

“Pasokan bantuan akan digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19 di Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana,” jelas Duta Besar Indonesia untuk China Xiao Qian dalam pernyataan di akun resmi Facebook Kedubes China.

Kedubes China mengatakan, sejak merebaknya wabah Covid-19, pemerintah dan rakyat Indonesia telah memberikan bantuan dan dukungan kepada China. “Kami selamanya mengingat dan menghargai persahabatan ini,” ujar ayah dari seorang putri ini.

Baca juga : 300 Turis Negeri Panzer Tinggalkan Bali

“Saat ini Indonesia sedang terkena wabah, pemerintah dan rakyat China memiliki perasaan yang sama dengan apa yang dialami rakyat Indonesia. Sementara me- ngatasi kesulitan diri sendiri, kami memberikan bantuan dengan segenap kemampuannya,” katanya.

Menurutnya, Beijing akan mendukung dan memfasilitasi pemerintah dan perusahaan Indonesia dalam pemmbelian alat-alat medis di Negeri Tirai Bambu itu. “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. China dan Indonesia adalah tetangga bersahabat senasib sepenanggungan. Kedua negara memiliki tradisi untuk saling membantu,” ujar Dubes berkacamata itu.

Baca juga : Ikuti KTT Luar Biasa G20, Jokowi Diskusi Penanganan Covid-19 dengan Pimpinan Negara Dunia

“Kami percaya bahwa melalui cobaan berupa wabah ini, persahabatan antara kedua negara dan rakyatnya akan semakin erat. Rakyat Indonesia pasti dapat mengalahkan wabah ini di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo,” tutupnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.