BREAKING NEWS
 

Sebut Trump Presiden AS Tergagal Sepanjang Sejarah

Harris: Dia Sudah Kehilangan Hak Pilih

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 8 Oktober 2020 10:30 WIB
Kandidat Wapres dari Partai Demokrat Kamala Harris (kiri) dan calon Wapres dari partai Republik Mike Pence dalam Debat Cawapres AS perdana di University of Utah, Salt Lake City, Rabu (7/10). (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penanganan pandemi Covid-19 di masa pemerintahan Donald Trump, mendapat kritikan tajam dari Senator Kamala Harris. Dalam Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) perdana melawan Wapres petahana Mike Pence pada Rabu (7/10), Harris bahkan menyebut cara Trump menangani Covid sebagai kegagalan terbesar dalam sejarah Presiden AS.

Debat yang digelar di University of Utah, Saklt Lake City itu berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, demi mencegah risiko penularan Covid-19. Harris dan Pence terpisah jarak 4 meter, dan dihalangi oleh partisi berbahan plexiglass.  

“Seluruh rakyat Amerika menjadi saksi atas kegagalan pemerintahan terbesar dalam sejarah di negara kita. Pemerintahan Trump sudah kehilangan haknya untuk dipilih kembali,” kata Senator California dari Partai Demokrat ini.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Hari Ini Cuma Sampai Pukul 12 Siang

Asal tahu saja, sejak pandemi Covid berjangkit di Negeri Paman Sam pada Februari 2020, lebih dari 7 juta warga AS telah terinfeksi, lebih dari 212 ribu orang terpaksa meregang nyawa. Bahkan, pekan lalu, Presiden Trump terinfeksi Corona.

Adsense

Diserang seperti ini, Pence bela diri. Menurutnya, sejak awal, Trump telah berjuang untuk menomorsatukan kesehatan warga AS. “Di awal pandemi, Biden justru menentang Trump untuk membatasi penerbangan dari China. Padahal, itu bisa menekan penyebaran virus Covid. Kita jadi seperti mengulur waktu,” ujarnya.

Pence juga menyebut, rencana Biden untuk menangani penyebaran Covid, sama persis dengan apa yang telah dilakukan oleh Trump. Namun, Harris dengan serta-merta membantahnya. “Wakil Presiden boleh mengatakan bahwa segala sesuatunya telah dilakukan. Tapi faktanya, nol besar,” ujarnya.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Hari ini Cuma Sampai Jam 12 Siang

Ketika ditanya moderator Susan Page dari USA Today, tentang bagaimana Gedung Putih berharap warga Amerika dapat menjalankan protokol kesehatan dengan baik, semisal memakai masker (padahal Trump tidak mencontohkan hal tersebut, Red), Pence menjawab simpel.

“Presiden Trump dan saya percaya, seluruh rakyat Amerika bisa membuat keputusan terbaik untuk kesehatannya,” ujarnya.

Pence bahkan menuding Harris bermain politik di atas nyawa rakyat, dengan mengatakan ia hanya menyetujui vaksin di bawah pemerintahan Trump, bila ada rekomendasi dari kalangan medis. “Kalau Trump meminta kami untuk vaksin, saya dengan tegas menolak,” cetus Harris. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense