Dark/Light Mode

Agustusan Ala Presiden PKS, Gowes Napak Tilas Sejarah ke Rengasdengklok

Senin, 17 Agustus 2020 19:09 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman di Rumah Juang Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Minggu (16/8). (Foto: Dok. PKS)
Presiden PKS Sohibul Iman di Rumah Juang Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Minggu (16/8). (Foto: Dok. PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman napak tilas kemerdekaan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah Kemerdekaan Republik Indonesia. Minggu (16/8), Sohibul mengunjungi situs sejarah Rengasdengklok, Karawang, dengan cara gowes dari Kantor DPD PKS Karawang, Jawa Barat.

Tepat hari ini 75 tahun yang lalu, para pemuda membawa Bung Karno ke Rengasdengklok untuk mengamankan dari pengaruh Jepang. Semangat pemuda untuk segera merdeka akhirnya terjawab dengan pembacaan Proklamasi pada 17 Agustus 1945 di kediaman Bung Karno, Jalan Pegangsaang Timur, Jakarta. Sohibul menyebut, rangkaian peristiwa di Rengasdengklok tidak bisa dilepaskan dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. 

Baca juga : Atalanta Vs PSG, Kolektivitas Adalah Kunci

"Anak-anak muda menyiapkan diri untuk kemerdekaan dengan sebuah strategi. Di Rengasdengklok pula terjadi kompromi antara para senior yakni Bung Karno dan Bung Hatta dengan para pemuda yang akhirnya sepakat membacakan Proklamasi di Jakarta. Saya kira kolaborasi antara semangat anak muda dengan arahan para senior masih sangat relevan dalam dunia berbangsa hari ini," kata Sohibul, (17/8).

Bagi Sohibul, Tugu Proklamasi, Tugu Kebulatan Tekad, dan Rumah Juang di Rengasdengklok bukan sekadar monumen bangunan bersejarah. Di dalamnya ada sebuah tonggak kemerdekaan yang hari ini kita hirup udaranya.

Baca juga : Istana Tak Marah, Ngakunya Senang

"Menyiapkan pernyataan kemerdekaan sebuah negara bukan hal yang mudah. Salah satu persiapan besar yang menyejarah telah dilakukan anak-anak muda di Rengasdengklok ini. Persiapan-persiapan itu yang sekarang harus kita lakukan untuk segera keluar dari krisis ini," ungkap Sohibul.

Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-75 RI DPP PKS Pipin Sopian menambahkan, pihaknya menggelar berbagai acara untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Selain mengunjungi situs Rengasdengklok dengan gowes, Sohibul juga menyampaikan Pidato Kebangsaan dengan menyikapi kondisi kebangsaan hari ini. Pidato Kebangsaan Presiden PKS disiarkan secara langsung di semua kanal Media Sosial Humas DPP PKS.

Baca juga : Yusril: Putusan MA Soal Pilpres Tak Batalkan Kemenangan Jokowi-Maruf

"Untuk menambah kebahagiaan masyarakat dalam suasana pandemi ini kami juga menggelar lomba curhat emak-emak menyikapi kemerdekaan pada masa pandemi dengan total hadiah Rp 75 juta. PKS mendengar langsung jeritan hati kaum ibu dan kemudian akan PKS perjuangkan di berbagai sektor," terang Pipin. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.