BREAKING NEWS
 

Dubes Kamapradipta Ismono Genjot Kerja Sama Antar Parlemen Dengan Swedia

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Senin, 1 Maret 2021 01:32 WIB
Duta Besar Kamapradipta Isnomo bertemu Ketua Parlemen Swedia Andreas Norlen secara online, Selasa (26/1/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia untuk Swedia dan Latvia Kamapradipta Isnomo melakukan pertemuan dengan Ketua Parlemen Swedia Andreas Norlen secara online, Selasa lalu (26/1). Mereka membahas kerja sama bilateral Indonesia dan Swedia yang telah berusia 70 tahun.

Menurut Dubes Kamapradipta, kelanggengan hubungan kedua negara tak lepas dari banyaknya kesamaan. Indonesia-Swedia sama-sama menjunjung nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan kesetaraan gender.

Adsense

Baca juga : Puan Dorong Kolaborasi Dan Sinergi Antar Pimpinan Parlemen Perempuan

Di kancah internasional, kedua negara sama-sama berperan aktif, termasuk di berbagai misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Di bidang ekonomi, kerja sama RI-Swedia telah meningkat di sektor perdagangan dan investasi, transportasi, pendidikan dan penelitian, teknologi, pertahanan serta kesehatan.

“Di masa lalu hubungan bilateral memang lebih cenderung di level eksekutif. Nanti dengan adanya kerja sama antar parlemen, hubungan kedua negara bisa semakin kuat lagi,” harap Dubes yang akrab disapa Kama, dalam keterangan pers, Selasa (26/1).

Baca juga : Puan Tegaskan Pentingnya Kerja Sama Internasional Atasi Pandemi

Andreas Norlen menyambut baik dan sependapat dengan Kama. Menurut Norlen, hubungan kerja sama Indonesia-Swedia perlu terus ditingkatkan, begitu juga kerja sama kedua parlemen. “Kerja sama parlemen perlu dipererat, mengingat parlemen merupakan wujud dari pelaksanaan demokrasi,” kata Norlen.

Pada kesempatan tersebut, Norlen menyampaikan undangan untuk Ketua DPR Puan Maharani agar berkunjung ke Stockholm, jika kondisi telah memungkinkan, guna menjalin hubungan antara parlemen yang lebih erat. Lebih lanjut, keduanya membahas perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di masing-masing negara. Keduanya sepakat bahwa kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi sangat penting di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense