BREAKING NEWS
 

Balas Jatuhkan Sanksi Ke Uni Eropa

China Tertekan Digoyang Dunia Soal Kasus Uighur

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Rabu, 24 Maret 2021 05:15 WIB
Massa mendorong Kanada dan negara-negara lain mau memberi label perlakuan China terhadap populasi etnis Uighur di Xinjian sebagai genosida, di luar Kedutaan Besar Kanada di Washington DC, Amerika Serikat, 19 Februari 2021. (Foto : Reuters / Leah Millis / File Foto).

RM.id  Rakyat Merdeka - China menjatuhkan sanksi terhadap 10 pejabat, politikus dan akademisi serta empat perusahaan Uni Eropa, kemarin, karena dinilai mencampuri urusan Uighur di Xinjiang. Namun sikap China dinilai menunjukkan, negara itu justru tertekan akibat sanksi internasional.

Penetapan sanksi itu seba­gai balasan sikap Uni Eropa, yang telah menjatuhkan sanksi terhadap empat pejabat China dan satu organisasi lainnya atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah Xinjiang. Langkah tersebut berkoordinasi dengan Amerika Serikat (AS) Inggris dan Kanada.

Selama ini, Kelompok HAM internasional meyakini, tak kurang dari 1 juta warga etnis Uighur dan sebagian besar etnis minoritas Muslim lainnya ditahan di kamp-kamp yang tersebar di Xinjiang. Measki China telah membantah tuduhan itu.

Baca juga : KAI Daop 1 Tertibkan Bangunan Liar Di Lintas Pasar Senen-Ancol

“Langkah ini, yang hanya di­dasarkan pada kebohongan dan informasi keliru, mengabaikan dan memutarbalikkan fakta-fakta,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China, dilansir Reuters, kemarin.

Disebutkan, 10 individu yang dikenai sanksi China itu juga termasuk Kepala Delegasi Parle­men Eropa untuk China Reinhard Butikofer. Juga peneliti Jerman, Adrian Zenz, yang laporannya soal perlakuan yang diterima Ui­ghur di Xinjiang menuai kecaman keras dari otoritas China.

Adsense

Efek sanksi ini, selain mereka tidak bisa berkunjung ke China, Hong Kong dan Macau, mereka juga tidak akan bisa melakukan transaksi ekonomi dengan entitas di Negeri Tirai bambu itu. Begitu juga dengan keluarga mereka.

Baca juga : Pertamina Targetkan Kilang Hijau Beroperasi Desember 2021

Sanksi Beijing juga membuat Uni Eropa naik pitam. Parle­men Eropa mengancam, tidak akan meratifikasi kesepakatan investasi UE-China yang dibuat Desember lalu.

“Pencabutan sanksi terhadap anggota parlemen adalah pra­syarat bagi kami untuk mengadakan pembicaraan dengan Pemerintah China tentang kese­pakatan investasi,” kata Anggota Parlemen dari kelompok Sosialis dan Demokrat berhaluan kiri, Kathleen van Brempt.

Politisi Belanda Sjoerd Sjoerdsma menyebut, reaksi keras dari China adalah tanda mereka sensitif terhadap tekanan internasional. Hal itu bisa men­jadi motivasi kepada negara-negara yang menentang praktik pelanggaran HAM di Xinjiang untuk tidak takut bersikap tegas dan menyuarakan kebenaran.

Baca juga : Lagi, AS Jatuhi Sanksi 2 Jenderal Myanmar

“Sanksi tersebut adalah bukti, China mudah tertekan. Jadikan ini penyemangat untuk semua kolega di Eropa,” ujar Sjoerdsma, yang merupakan anggota parle­men asal Belanda dan pendukung pemberian sanksi ke China.

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken juga memuji respons bersama terhadap Ui­ghur ini. “Hal ini menunjuk­kan, respons trans-Atlantik memberikan sinyal yang lebih kuat terhadap mereka yang melanggar hak asasi manusia,” ujar Blinken terkait isu Muslim Uighur di Xinjiang. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense