BREAKING NEWS
 

Dubes Kamapradipta Ismono, Bahas Kerja Sama Dengan Raja Gustaf

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Selasa, 31 Agustus 2021 08:15 WIB
Dubes Kamapradipta Ismono (kiri) bersama Carl XVI Gustaf di Istana, Stockholm, Swedia. (Foto: Dok. Kemenlu RI)

 Sebelumnya 
“Situasi pandemi tidak menyurutkan semangat pencapaian kemajuan kerja sama kedua negara,” imbuh Kama, sapaan akrabnya.

Ini terlihat dari berlakunya Per janjian Kerja Sama di Bidang Pertahanan sejak akhir 2020. Selanjutnya, pada Mei 2021 berlangsung penandatanganan Teaming Agreement antara PT PAL Indonesia dan BAE System Bofors AB.

Baca juga : Kembangkan Sepak Bola Indonesia, PSSI Teken Kerja Sama Dengan UEA FA

Langkah ini yang memberikan kemudahan akses bagi perbaikan dan perawatan (MRO) kapal perang dan kapal patroli Indonesia yang menggunakan teknologi Bofors. Karena dapat dilakukan di Indonesia.

Sementara itu, keunggulan inovasi dan teknologi Swedia pada sektor energi juga menjadi salah satu topik pembahasan dengan Raja Swedia. Kedua negara telah membentuk kelompok kerja bersama di bidang energi baru dan terbarukan pada April 2021.

Baca juga : Salman Raja Tega

Kerja sama itu untuk mempelajari dan memanfaatkan teknologi biomassa yang dimiliki Swedia. Teknologi waste to energy ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan energi, sampah dan lingkungan di Tanah Air.

Disampaikan juga perkembangan hubungan bilateral kedua negara yang semakin meningkat secara signifikan sejak kunjungan Raja Carl XVI Gustaf ke Indonesia pada 2017.

Baca juga : Terima Audiensi PSSI, Wakapolda Metro Bahas Pertandingan Perdana Liga 1

Raja Carl XVI Gustaf sebelumnya telah dua kali berkunjung ke Indonesia. Yaitu kunjungan kehormatan pada 2012 dan kunjungan kenegaraan pada 2017. Pada kunjungan kenegaraan, pemerintah kedua negara berhasil menandatangani tiga kesepakatan.

Pertama Nota Kesepahaman di Bidang Pembebasan Bebas Visa Diplomatik dan Dinas. Kedua Nota Kesepahaman di Bidang Transportasi, dan Ketiga, Surat Minat di Bidang Inovasi dan Industri Kreatif. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense