BREAKING NEWS
 

Tips Rawan Interior Mobil Agar Selalu Bersih Dan Wangi

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Jumat, 21 Januari 2022 10:29 WIB
Interior mobil (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Interior mobil tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam perawatan sehari-hari. Sama seperti mesin dan eksterior, interior menjadi penentu apakah bisa berkendara dengan nyaman atau tidak. Percuma mesin mobil berjalan cepat dan bertenaga, apabila kabin berbau dan berantakan. Oleh karena itu, penting memahami bagaimana cara merawat interior mobil.

Tidak banyak pemilik kendaraan roda empat yang memberikan perhatian khusus terhadap interior mobilnya. Berbagai alasan muncul yang membuat mereka mengabaikan kondisi kabin. Mulai dari kesibukan sehari-hari sampai merasa kurang perlu.

Padahal, interior yang wangi dan rapi membuat waktu selama di perjalanan terasa semakin menyenangkan. Lalu, bagaimana cara merawat interior mobil? Seperti dikutip Mobilku.org, berikut lima cara merawat interior mobil dengan benar:

1. Membersihkan Dashboard
Dashboard merupakan bagian pertama yang dilihat ketika sedang mengemudi. Sehingga, perawatan interior dimulai dengan membersihkan dashboard. Gunakan kemoceng untuk menyingkirkan debu yang berada disetiap sudut, sekaligus lubang AC disekelilingnya.

Baca juga : Satgas Siapkan Karantina Bubble

Anda juga bisa menggunakan kain lap dan dibasahi air hangat untuk mengangkat kotoran berkerak pada dashboard. Apabila ingin lebih praktis, pakai mesin vakum untuk membersihkan debu kering yang menempel. Agar dashboard tidak kering pada saat terpapar cahaya matahari, oleskan cairan biopolish leather care secukupnya.

2. Menambah Karpet
Karpet mobil memiliki dua fungsi sekaligus yang membuatnya semakin layak untuk Anda beli. Pertama, mampu mempercantik interior mobil supaya lebih menarik. Kedua, melapisi lantai kabin mobil supaya tidak langsung terkena beberapa kotoran. Seperti sisa makanan, air, dan pasir. Di pasaran, sudah ada banyak pilihan karpet mobil dengan bahan dasar dan varian harga berbeda-beda.

Adsense

3. Membersihkan Jok
Jok adalah bagian selalu digunakan oleh pengemudi dan paling berpotensi kotor. Oleh karena itu, sudah seharusnya jok membutuhkan dua tahapan pembersihan. Pertama, bisa memakai kemoceng untuk mengusir debu kering. Kedua, dilanjut memakai mesin vacum untuk mengangkat kotoran dan debu di sela-sela jok.

Perhatikan bagian jok sekali lagi, apabila terdapat noda maka harus dibersihkan memakai cairan sabun dan keringkan. Untuk jok yang bagian lapisannya terbuat dari vinyl, siapkan cairan pembersih khusus untuk jok mobil berbahan kulit atau material lain yang susah dibersihkan. Hindari pemakaian air detergen, karena bisa merusak lapisan jok itu sendiri.

Baca juga : Reanda Dapat Pengakuan Internasional Anggota Penuh Forum Of Firms

4. Membersihkan Langit-Langit dengan Lap Basah
Langit-langit mobil adalah bagian yang cenderung mudah menyimpan debu. Masalahnya, beberapa orang enggan memperhatikan bagaimana kebersihannya karena menganggap terlalu merepotkan. Anda tidak boleh seperti itu, agar interior bersih secara menyeluruh.

Membersihkan langit-langit juga tidak boleh ala kadarnya. Langkah awal dimulai dengan mencampur sabun cuci khusus dan air, kemudian basahi lapnya dan pakai untuk membersihkan langit-langit. Jangan terlalu basah, karena bisa membuat langit-langit lembap dan justru memicu bau tidak sedap. Terakhir, bersihkan memakai lap kering untuk mengangkut kotoran dan meresap sisa-sia air yang menempel.

5. Menambah Pengharum Mobil
Interior mobil yang bersih dan rapi pastinya belum cukup, karena lebih sempurna apabila aromanya wangi. Membuat siapapun merasa betah ketika berkendara didalam mobil, meskipun untuk waktu yang lama.

Di sinilah pentingnya menambah alat pengharum ruangan mobil. Silakan pilih sendiri merk-merk yang beredar di pasaran, mulai dari harga murah sampai mahal sekalipun.

Baca juga : Herry Wirawan Dituntut Mati, KPAI Dorong Korban Predator Seks Berani Lapor

Itu adalah lima cara merawat interior mobil dengan benar. Metode ini akan membuat bagian dalam kendaraan Anda menjadi lebih bersih, rapi dan wangi. Bepergian terasa semakin menyenangkan dan nyaman. Mobilku.org adalah media otomotif Indonesia yang dikenal rutin update konten seru dan bermanfaat. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense