BREAKING NEWS
 

Wilayah Kamal Muara Sudah Tersambung Pipa PAM

Warga Sujud Syukur, Akhirnya Merdeka Air

Reporter : OSPI DARMA
Editor : MARULA SARDI
Sabtu, 2 Juli 2022 07:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) melakukan peletakan pipa distribusi tahap dua saat kegiatan Hajatan 100 Hari Air Mengalir dan Peletakan Pipa Pertama di Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara, Kamis (30/6/2022). PAM JAYA menggelar hajatan 100 hari air mengalir di daerah Kamal Muara, Penjaringan sekaligus peletakan pipa distribusi Kamal Muara tahap dua untuk mewujudkan percepatan pelayanan air bersih di Jakarta. (ANTARA FOTO/Fauzan/hp).

 Sebelumnya 
Tarif air dari kios-kios Palyja itu Rp 6 ribu sekali pikul. Biasanya dalam seminggu, mengisi air sampai tiga kali pikul sudah habis sekitar Rp 18 ribu, atau sebulan kalau mengirit-irit pemakaian saja sudah Rp 72 ribu.

Rokayah mengungkapkan, dulu jika pemakaian cukup untuk memasak, biaya air sebulan bisa menggerus pendapatan warga Kamal Muara yang didominasi nelayan, antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

Namun, biaya air bisa lebih membengkak jika warga banyak memasak. Misalnya, ketika ada hajatan atau ada tamu yang datang berkunjung.

Baca juga : Jaga Kewarasan, Warga Ukraina Tertawakan Perang

Rokayah mengatakan, pada 2017 ada 1.550 Kepala Keluarga (KK) di RW 01 yang turut merasakan derita yang sama. Belum lagi ditambah dengan warga di RW 04 yang juga mengalami persoalan serupa. Di RW 04 ada sembilan RT, sedangkan di RW 01 ada 12 RT.

Direktur Utama PAM Jaya Syamsul Bachri mengatakan, warga di Kamal Muara sudah menunggu puluhan tahun untuk mendapatkan akses air perpipaan. Setelah dipasang pipa, selama 100 hari terakhir air mengalir di Kamal Muara tanpa kendala.

“Angka 100 ini perlu dimaknai secara serius. PAM Jaya akan berusia 100 tahun, dan usia ini harus menjadi momentum besar kita meningkatkan pelayanan hingga 100 persen,” ucapnya.

Baca juga : Mantan KSAL Marsetio Terima Penghargaan Sebagai Guru Besar Berprestasi

Syamsul menerangkan, mulai 1 Februari 2023, PAM Jaya akan melakukan 100 persen pelayanan air perpipaan di Jakarta, setelah Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan dua mitra swasta selesai.

Adsense

Pasalnya, konsumsi air bulanan warga Jakarta saat ini rata-rata mencapai 30 meter kubik per detik. Saat ini PAM memproduksi 22.000 liter per detik. “Dengan 22.000 liter per detik, sudah mencukupi sekitar 68 persen warga Jakarta.

Dengan pemakaian masing-masing 30 meter kubik per bulan,” katanya.

Baca juga : Jelang Ramadan, KSP Pastikan Harga Sembako Akan Terkendali

Seperti diketahui, wilayah Kamal Muara merupakan satu dari beberapa lokasi yang menjadi sasaran wilayah Proyek SPAM Hutan Kota, sebagai langkah inisiasi dari PAM Jaya dan didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense