Dark/Light Mode

Jelang Ramadan, KSP Pastikan Harga Sembako Akan Terkendali

Rabu, 30 Maret 2022 17:07 WIB
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Juri Ardiantoro bersama Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden dalam Program KSP Mendengar, di kota Surakarta, Rabu (30/3). (Foto: Kantor Staf Presiden)
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Juri Ardiantoro bersama Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden dalam Program KSP Mendengar, di kota Surakarta, Rabu (30/3). (Foto: Kantor Staf Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan, kenaikan harga kebutuhan pokok jelang bulang Ramadan akan segera terkendali. 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Edy Priyono mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan skenario operasi pasar untuk sejumlah komoditi. Seperti, telur ayam, gula pasir, dan bawang putih. 

“Kalau untuk minyak goreng, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan HET Rp 14.000. Kalaupun masih ditemukan harga di atas HET di pasaran, ini perlu kerjasama semua pihak untuk ikut mengontrol kebijakan tersebut, termasuk pada bapak ibu yang hadir di sini,” kata Edy Priyono dalam program KSP Mendengar, di Kota Surakarta, Rabu (30/3). 

Baca juga : Muhadjir: Perpustakaan Harus Semesta, Jangkau Yang Sekolah Dan Tak Sekolah

Menurut Edy, kenaikan harga kebutuhan pokok jelang ramadan sudah menjadi siklus tahunan. Hal ini terjadi karena ada peningkatan konsumsi yang menyebabkan permintaan barang naik.

“Kalau permintaan sudah naik, tentu harga juga ikut naik. Saya kira masyarakat harus lebih bijaksana dalam berbelanja,” ujar Edy. 

Sebelumnya, beberapa elemen masyarakat yang hadir dalam program KSP Mendengar menyampaikan kegelisahannya soal kenaikan harga kebutuhan pokok jelang ramadan, terutama harga minyak goreng yang masih di atas Rp 20.000. 

Baca juga : Tips Jalani Puasa Ramadhan Agar Tetap Fit dan Berenergi

“Kami mohon KSP turun ke bawah untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok. Menjelang puasa semuanya naik pak, apalagi minyak goreng, bisa di atas Rp 20.000. Kalau tanya ke pedagang yang harga Rp 14.000,  jawabannya, ya beli ke pemerintah saja. Lah ini bagaimana pak,” ucap Sujanti perwakilan pelaku usaha kecil Surakarta. 

Selain mendengarkan persoalan kenaikan harga kebutuhan pokok dan HET minyak goreng, Tim Kantor Staf Presiden juga menerima aspirasi masyarakat terkait soal bantuan sosial, pariwisata, dan pertanahan. 

“Kami sudah dengar, rekam dan catat semua aspirasi bapak-ibu. Kami akan buat risalah untuk disampaikan ke Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk disampaikan langsung ke bapak Presiden,” tegas Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan RI Juri Ardiantoro. 

Baca juga : Sambut Ramadan, Shopee Gelar Promo Dan Tebar Tips Sehat

Sebagai informasi, program KSP Mendengar merupakan upaya jemput bola Kantor Staf Presiden untuk menyerap dan mendengarkan langsung aspirasi masyarakat terkait permasalahan kekinian. KSP Mendengar juga medium untuk mengawal program dan isu-isu strategis Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.