BREAKING NEWS
 

Aplikasi JakLingko Dikeluhkan Warga

Tak Teliti, Penumpang Kena Tarif Lebih Mahal

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Sabtu, 13 Agustus 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin. (Foto: Dok.JakLingko).

 Sebelumnya 
Hanya saja, @ariobimo menilai, pilihan rute di aplikasi tidak praktis, jadi muter-muter. “Contoh saya mau ke Harmoni dari Fatmawati, harusnya kan bisa naik MRT dari Fatmawati turun di Stasiun ASEAN, ganti ke koridor 1 di CSW. Lah ini kok disuruh turun di Bunderan Senayan, naik Transjakarta sampe Sawah Besar. Padahal jelas-jelas saya input-nya Halte Harmoni Busway,” keluh @ariobimo.

Selain kritik, ada warganet lain memberi usulan supaya tarif integrasi menyediakan langganan, baik mingguan, bulanan atau tahunan.

“Min saya ada usul gimana kalo kartu JakLingko dibuat annual pass, sebulan misal Rp 100 ribu buat pekerja yang rutin pakai transportasi umum, bebas naik apa aja,” kata @roy_md.

Adsense

Baca juga : Warga Wadas Girang Dapat Ganti Rugi

“Kalo di luar negeri ada min tiket langganan mingguan, bulanan, tahunan (annual pass). Jadi lebih hemat biaya dan praktis juga, bisa coba jadi masukkan ke tim ya,” timpal @maulana_irfan07.

Tak hanya itu, ada yang mengusulkan agar KRL masuk skema tarif integrasi. “@jaklingkoindonesia cobalah ajak itu kerja sama si @commuterline, kasihan itu penggunanya kalau harus pakai Transjakarta juga pulang pergi,” pinta @llakidlla.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan, implementasi tarif integrasi merupakan penugasan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Agar pelaksanaannya semakin optimal, pihaknya mengandalkan aplikasi JakLingko.

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Harga Energi Ke Industri, Kemenperin Gaet ESDM

“Pengguna transportasi dapat merasakan manfaat tarif integrasi melalui aplikasi JakLingko,” kata Kamal, di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, di aplikasi JakLingko, pengguna hanya meng-input lokasi tujuan dan memilih rekomendasi rute sesuai tujuan. Jika menggunakan lebih dari satu moda, pengguna akan ditawarkan tarif integrasi dengan ongkos tarif yang telah disesuaikan maksimal Rp 10 ribu. Namun, apabila pengguna hanya menggunakan satu moda saja, tarif yang berlaku akan sama dengan yang berlaku di masing-masing operator saat ini.

Contohnya, bila hanya menggunakan Transjakarta, penumpang tetap dikenakan Rp 3.500. Namun, jika terdapat kombinasi perjalanan Transjakarta dan MRT Jakarta, maka akan dikenai tarif integrasi yang perhitungannya menjadi lebih terjangkau dari ongkos normalnya.

Baca juga : Kapolres Malang Serahkan Hadiah Ke Pemenang Lomba Yel-yel Dan Koreografi Aremania

Sebagai informasi, tarif integrasi yang saat ini berlaku adalah apabila pengguna memesan tiket perjalanan melalui aplikasi JakLingko dengan lebih dari satu moda transportasi, yaitu Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense