Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga Desa

Gus Halim Perjuangkan Satu Desa Satu Perawat

Sabtu, 28 Mei 2022 13:17 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peningkatan derajat kesehatan di desa salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan dasar pelayanan kesehatan bagi desa-desa di Indonesia. Program satu desa satu perawat menjadi solusi alternatif bagi peningkatan layanan kesehatan bagi warga desa di Indonesia. 

"Keberadaan perawat desa sangat penting dan merupakan barang bagus. Adanya perawat desa adalah satu langkah yang bagus bagi desa-desa di seluruh Indonesia. Jadi yang perlu kita catat adalah barang bagus, meskipun bagus, tapi kalau tidak dipromosikan tidak ada orang tahu bahwa itu barang bagus,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Silaturahmi dengan Perawat Desa dan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Mojokerto di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Sehat PPNI Mojokerto Jumat (27/5).

Baca juga : Gus Halim: Selamat Jalan Buya Syafii Maarif, Guru Bangsa dan Pembimbing Kita Semua

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Gus Halim ini bertekad mempromosikan perawat desa ke seluruh desa-desa di Indonesia. Tujuannya, agar desa-desa seluruh Indonesia mewujudkan keberadaan perawat di desa, sehingga keberadaan perawat di desa tidak hanya ada di Jawa Timur.

Gus Halim juga membuka kemungkinan pemanfaatan dana desa untuk memfasilitasi rekrutmen dan kebutuhan perawat desa. Tujuannya agar terjadi peningkatan layanan kesehatan di desa serta berbagai sarana penunjang maupun inovasi di bidang kesehatan di desa.

"Saya bertekad, sejak hari ini akan mempromosikan perawat desa. Kalau perlu nanti akan saya masukan di dalam prioritas penggunaan dana desa, agar desa-desa bisa memberikan fasilitas untuk kepentingan perawat desa," ungkapnya. 

Baca juga : Gus Halim Cek Langsung Kabel Fiber Optik Milik BUMDes Bolali Maju yang Disoal PT KAI

Untuk mempercepat terwujudnya satu desa satu perawat, Gus Halim membeberkan beberapa langkah yang akan ditempuh, Pertama, satu desa satu perawat menjadi salah satu prioritas program dan kegiatan dalam pemanfaatan dana desa, caranya dengan mengatur dalam Permendesa PDTT tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023.

Yang kedua, membangun koordinasi yang intensif dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Nasional untuk berbagi data terkait yang dibutuhkan.

Kemudian ketiga, Gus Halim juga akan berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan agar perawat desa bisa masuk dalam program Kementerian Kesehatan, paling tidak untuk RPJP Tahun 2025-2045.

Baca juga : Gus Halim: Kebangkitan Indonesia Dimulai Dari Desa

"Nanti saya akan berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan supaya perawat desa bisa masuk dalam kebijakan nasional. Karena memang faktanya, luar biasa pengabdiannya dari para perawat desa," tegas Gus Halim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.