Dark/Light Mode

Kakak Kang Emil: Keluarga Ikhlas, Apa Pun Yang Jadi Takdir Eril

Rabu, 1 Juni 2022 13:34 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad (kanan) dan Wali Kota Bern Alec van Graffenried (kiri) saat membahas upaya pencarian putra sulung Kang Emil: Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang terseret arus Sungai Aare, Bern sejak Kamis (26/5). (Foto: Dok. Kemlu)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad (kanan) dan Wali Kota Bern Alec van Graffenried (kiri) saat membahas upaya pencarian putra sulung Kang Emil: Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang terseret arus Sungai Aare, Bern sejak Kamis (26/5). (Foto: Dok. Kemlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (22), putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, masih terus dilakukan hingga hari ini.

"Pencarian Eril oleh otoritas terkait masih dilakukan sampai hari ini," kata Erwin Muniruzaman, kakak kandung Kang Emil seperti dilansir situs resmi Pemprov Jawa Barat, Selasa (31/5).

"Kang Emil terus ikhtiar setiap hari, termasuk turun sendiri," tambahnya.

Erwin mengungkapkan, Wali Kota Bern Alec Van Graffenried sempat menemui Kang Emil di lokasi pencarian. Dia memberikan dukungan yang optimal, sekaligus menyampaikan rasa simpati mendalam kepada pihak keluarga.

Baca juga : Disahkan Kongres PSSI, Ini Klub Liga Yang Berganti Nama

"Wali Kota Bern berkesempatan memberikan support langsung kepada Kang Emil di lokasi pencarian," ucap Erwin.

Bahkan, salah seorang warga Bern bernama Heinrich juga menemui Kang Emil. Dia memeluk erat dan memberikan dukungan moral.

Heinrich, orang pertama yang merespon permintaan tolong adik Eril, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, untuk mencari sang kakak, sejak ia dan seorang kawannya berhasil naik ke darat.

"Pak Heinrich menyampaikan rasa simpatinya. Dari pihak Kang Emil, juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Henrich," lanjut Erwin.

Baca juga : Adik Kang Emil: Dukungan Jokowi Sangat Membesarkan Hati Kami...

Menurutnya, pada saat kejadian, warga setempat sangat sigap menolong Eril. Tak hanya Heinrich, warga lainnya pun langsung menghubungi kepolisian setempat. Sehingga, dalam waktu singkat, pihak otoritas sudah berada di lokasi kejadian.

"Ini menunjukan bahwa warga lokal juga sangat helpful dan sigap. Selain Pak Heinrich, ada pula warga lain yang menghubungi polisi. Sehingga dalam waktu singkat, sudah ada polisi di lokasi kejadian," tutur Erwin.

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat, keluarga Kang Emil juga ada yang menyusul ke Swiss. Erwin berharap, kehadiran keluarganya di Swiss dapat membantu proses pencarian Eril. Serta memberikan dukungan moril kepada orangtua Eril.

"Dari pihak keluarga, akan ada beberapa orang yang menyusul Kang Emil ke Swiss untuk membantu proses di sana," ucapnya. 

Baca juga : Kang Emil Ikut Cari Anaknya Yang Hilang Di Sungai Aare Swiss

Erwin menyebut, dalam proses pencarian hingga hari ini, pihak keluarga sudah mengikhlaskan, apa pun yang menjadi takdir Eril.

"Pencarian hari ini sudah selesai. Akan dilanjutkan lagi hari berikutnya. Pihak keluarga sudah ikhlas, apa pun yang akan menjadi takdir Eril," papar Erwin.

Dalam mengantisipasi berbagai skenario, pihak keluarga di Bandung sudah berkonsultasi dengan ulama, untuk mengetahui apa yang seharusnya dilakukan, sesuai syariat Islam.

"Dari pihak keluarga, sudah berkonsultasi dengan beberapa ulama. Seperti Ketua MUI KH Rachmat Syafei dan Ustaz Adi Hidayat. Supaya kami dapat mengetahui, apa yang seharusnya dilakukan sesuai syariat Islam. Terhadap apa pun yang menjadi takdir Eril," pungkas Erwin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.