Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perwakilan Keluarga: Kami Berprasangka Baik, Allah Lebih Mencintai Almarhum Eril

Jumat, 3 Juni 2022 12:12 WIB
Kakak kandung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menggelar jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/6). (Foto: YouTube)
Kakak kandung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menggelar jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/6). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kakak kandung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menggelar jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/6). Menyampaikan pernyataan keluarga Kang Emil, terkait Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss sejak Kamis (26/5).

Sekadar latar, pada Kamis (2/6), pihak keluarga Kang Emil telah bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat (MUI Jabar). Keluarga Kang Emil menyatakan ikhlas dan yakin, Eril telah meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Aare.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun, sesungguhnya semua makhluk bernyawa akan merasakan kematian. Kami sudah melihat evaluasi, dan menyimak seluruh proses yang bisa dilakukan. Termasuk, upaya pencarian secara mandiri. Secara ikhtiar, semuanya dipastikan dilakukan secara maksimal, berdasarkan situasi kondisi yang ada," papar Erwin, Jumat (3/6).

Baca juga : Relawan Ridwan Kamil Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan Eril

Otoritas setempat, lanjutnya, juga sudah menggunakan pencarian yang memang spesifik untuk mencari jenazah.

Saat ini, Kang Emil dan istri: Atalia Praratya sudah ikhlas dan yakin, putra sulung mereka telah tiada. Berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam.

Terkait hal tersebut, pihak keluarga Kang Emil sudah langsung berkonsultasi dengan MUI Jabar. Menyampaikan situasi dan meminta nasihat untuk langkah selanjutnya, sesuai syariat Islam.

Baca juga : Keluarga: Anak Kang Emil Yang Hilang Di Sungai Aare Swiss Belum Ketemu

Dalam hal ini, menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim dari muslim yang lain. Agar segera dishalatkan manakala wafat.

"Kami selaku keluarga, memohon untuk para warga yang berkesempatan dapat melaksanakan shalat ghaib, untuk keluarga kami almarhum Emmeril Kahn Mumtadz bin Muhammad Ridwan Kamil," tutur Erwin.

Dalam kesempatan itu, mewakili pihak keluarga, Erwin memohon maaf untuk Eril, sekiranya almarhum memiliki kesalahan atau kekhilafan semasa hidup.

Baca juga : Puasa, Kok Berat Badan Malah Naik, Salahnya Di Mana?

Sekiranya ada hak atau kewajiban dari almarhum, Erwin meminta agar keluarga diberitahu.

"Kami sekeluarga sangat mencintai Eril. Kami melihat sosok Eril, dari kecil menunjukkan perilaku anak saleh. Tapi, kami berprasangka baik, Allah lebih mencintai almarhum Eril," sambungnya.

"Kami ikhlas, apa pun takdir yang menimpanya. Kami sekeluarga melihat, merasakan, dan menerima banyak hikmah. Banyak pelajaran penting yang diperoleh dari peristiwa ini," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.