BREAKING NEWS
 

Cegah Siswa Putus Sekolah

Kuota Sekolah Gratis Di DKI Bakal Ditambah

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Selasa, 23 Agustus 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Net).

 Sebelumnya 
Kondisi itu berbeda dengan Provinsi Gorontalo yang hanya memiliki APBD Rp 1,91 triliun. Tetapi jumlah siswa SD putus sekolahnya cuma 0,31 persen.

“Apa sih yang kurang di DKI? Orang-orang pintar banyak. Gubernurnya (Anies Baswedan) mantan Menteri Pendidikan. Kok bisa angka putus sekolah siswa SD tinggi,” kata Furqan.

Ketua Fraksi PSI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Anggara Wicitra Sastroamidjojo mendesak Pemprov DKI mengatasi masalah siswa putus sekolah.

Baca juga : DPRD Dorong Penambahan Kuota Sekolah Swasta Gratis

“Ini masalah serius. Harus ada langkah pembenahan strategis,” kata Anggara dalam keterangannya.

Anggara meminta Pemprov DKI melakukan pendataan anak putus sekolah beserta alasannya. Sehingga DKI bisa tahu apa saja masalahnya.

Selain itu, dia menyarankan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dimaksimalkan, menambah kuota kartu Jakarta Pintar (KJP), dan subsidi biaya sekolah swasta.

Baca juga : Siswa Putus Sekolah Gara-gara Kalah Usia

“Sediakan kuota untuk anak-anak putus sekolah, jika mau lanjut bisa dapat bantuan KJP atau subsidi lain. Sekelas Jakarta tidak boleh ada yang tidak sekolah karena alasan tidak mampu,” tegasnya.

Adsense

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pendidikan DPRD DKI Jakarta Merry Hotma menilai, sistem pendidikan di Ibu Kota belum optimal mengakomodir kebutuhan siswa. Masih banyak siswa yang tidak punya kesempatan di sekolah negeri karena sistem seleksi belum optimal.

Merry Hotma mengatakan, pihaknya akan berupaya menambah kuota sekolah swasta gratis untuk mengatasi siswa putus sekolah.

Baca juga : DPRD DKI Desak Pemprov Tambah Kuota Sekolah Negeri

“Mungkin itu akan jadi rekomendasi kami untuk nanti menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pendidikan. Saya yakin Raperda belum terpikir kolaborasi dengan swasta,” ujarnya.

Merry juga yakin penambahan kuota akan membantu warga Jakarta yang kurang mampu bisa mendapat pendidikan yang bermutu. Dan, bisa menyelesaikan masalah zonasi yang selama ini menimbulkan kericuhan akibat banyaknya anak yang tidak tertampung di sekolah negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense