BREAKING NEWS
 

Banjir Dan Longsor Berpotensi Terjadi Di Malam Tahun Baru

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Kamis, 29 Desember 2022 07:30 WIB
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
BPBD DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, para wali kota/bupati, dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menjalin kolaborasi dalam penanggulangan bencana.

Selain itu, BPBD DKI membuka ruang partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan bencana banjir bersama melalui kegiatan peningkatan kapasitas penanggulangan bencana bagi aparatur, relawan dan masyarakat lainnya. Serta melakukan pendataan potensi sumber daya yang dimiliki oleh setiap instansi/lembaga terhadap penanggulangan bencana di Jakarta.

“Buku panduan kesiapsiagaan menghadapi banjir pun sudah didistribusikan ke masyarakat,” jelas Isnawa.

Ia mengimbau masyarakat, apabila menemukan permasalahan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut (pohon tumbang, sampah, saluran tersumbat, dll), segera melapor melalui aplikasi JAKI pada fitur JakLapor.

Baca juga : Putra Perkasa Abadi Bakal Tambah 4 Ribu Karyawan Baru

Rekayasa Lalin

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, pada malam Tahun Baru.

“Pengalihan arus lalin akan dilakukan bertahap mulai pukul 18.00 WIB, menyesuaikan kondisi lalin di lapangan,” ujar Syafrin, dalam keterangan, Selasa (27/12).

Jika terjadi kepadatan lalin, Syafrin menegaskan, opsi penutupan akan diperluas.

Baca juga : Mak Ganjar Sulsel Terobos Jalan Terjal Dan Berbukit

“Pengaturan situasional bagi tamu hotel/kantor kedutaan/ rumah sakit di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman agar dapat menyesuaikan pengaturan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Untuk masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, diterangkan Syafrin, dapat menggunakan fasilitas parkir di 40 lokasi. Seluruh lokasi itu akan dibuka sampai batas waktu penutupan Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman.

Meski telah menyiapkan lokasi parkir, Syafrin mengimbau masyarakat menggunakan transportasi angkutan umum. Transjakarta akan beroperasi 24 jam. Sedangkan MRT Jakarta, LRT Jakarta dan KRL Jabodetabek direncanakan sampai dengan pukul 02.00 WIB.

Untuk menjaga keamanan dan kelancaran, Polda Metro Jaya akan menjaga sejumlah titik lokasi perayaan malam Tahun Baru 2023. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan mengatakan, pihaknya akan patroli di belasan titik. Antara lain, Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran Hotel Indonesia, Patung Ondel-Ondel, Jakarta Aquarium, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Tua, Pantai Indah Kapuk, Blok M, Senopati, Kemang, Ragunan, Bumi Serpong Damai, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera.

Baca juga : DPRD Kota Bogor Gelar Acara Refleksi Kinerja Satu Tahun

Polda Metro Jaya sudah memetakan tujuh kerawanan menjelang malam pergantian tahun. Yakni, kerumunan, kemacetan, konflik antar warga, lonjakan kasus Covid-19, kriminalitas, bencana alam dan aksi teror.

Jelang malam Tahun Baru, Polri akan terus menggelar Operasi Lilin. Polda Metro Jaya mengerahkan 7.421 personel dan menyediakan 97 pos pengamanan serta 38 pos pelayanan selama pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense