Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inilah Deretan Mobil Tertua Di Dunia

Jumat, 16 Desember 2022 00:23 WIB
Cugnot Fardier, mobil tertua di dunia, (Foto: Istimewa)
Cugnot Fardier, mobil tertua di dunia, (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di dunia otomotif, mobil selalu mengalami perkembangan tampilan maupun mesin. Namun, di antara semua merek mobil, tentu ada yang tertua. Jawabannya ternyata bukan Mercedes Benz. Website www.otoklix.com sudah membuat daftar mobil dari yang paling tua. Berikut deretan mobil tertua di dunia:

1. Cugnot Fardier - 1769
Sejarah mobil dimulai dari Cugnot Fardier, yaitu sebuah mobil uap yang diciptakan oleh Nicolas J Cugnot. Cugnot Fardier dibuat atas permintaan pejabat militer Perancis untuk mengangkut meriam ke medan perang. Akhirnya, pada tahun 1769 Nicolas J Cugnot berhasil menciptakan mobil pertama di dunia yang diberi nama Cugnot Fardier.

Mobil ini memiliki tampilan yang sederhana, dilengkapi dengan tiga roda besar. Meski dari segi tampilan kurang menarik, dan tidak memiliki fitur interior sama sekali, namun mobil ini mampu membawa beban hingga lima ton dan dapat berjalan selama satu jam 15 menit. Saat ini mobil tersebut berada di Musee des Arts et Metiers, Paris dan telah berusia 253 tahun.

2. La Marquise - 1884
La Marquise dibuat pada tahun 1884 oleh De Dion Bouton et trepardoux. Mobil ini merupakan mobil mesin yang dibuat secara khusus untuk ajang balapan. La Marquise diklaim telah berhasil memenangkan balapan mobil pertamanya pada tahun 1887. Info terakhir mobil ini telah berhasil memecahkan rekor harga lelang untuk kategori mobil tertua di dunia dengan harga 4,6 juta dolar atau setara dengan sekitar Rp 66 miliar.

Baca juga : Ditersangkakan, Wakil Ketua DPRD Jatim Ditahan KPK

3. Mercedes Benz - 1885
Mobil tertua di dunia selanjutnya adalah Mercedes Benz. Tak lagi menggunakan tenaga uap, Mercedes Benz merupakan mobil tertua yang menggunakan tenaga mesin. Mobil ini diciptakan oleh Karl Benz pada tahun 1885. Kemudian ia mendaftarkan dan mematenkannya pada awal Januari 1886.

Mobil ini awalnya bernama Motorwagen, kemudian berganti nama menjadi Mercedes Benz pada tahun 1901. Mercedes Benz memiliki bentuk yang sangat sederhana yaitu hanya mempunyai tiga roda saja. Selain itu spesifikasi mesin yang digunakan adalah satu silinder 954 cc yang menghasilkan tenaga 0,75 bhp.

4. Peugeot - 1891
Nama Peugeot telah dikenal sejak 1842 sebagai sebuah produsen penggiling merica dan garam. Setelah 40 tahun berjalan, Peugeot berubah menjadi produsen yang memproduksi sepeda. Hingga pada tahun 1891, untuk pertama kalinya Peugeot berhasil menciptakan sebuah mobil. 
Mobil buatan Peugeot telah menggunakan mesin V-twin yang telah dilengkapi dengan rantai untuk menggerakkan roda belakang. Pada waktu itu, Peugeot hanya membuat sebanyak lima mobil. Lalu, produksi mulai naik secara perlahan hingga 500 unit mobil pada tahun 1900-an.

5. Ford - 1896
Ford Quadricycle merupakan nama mobil hasil karya Henry Ford pada tahun 1896. Mobil tertua di dunia ini telah menggunakan tenaga mesin. Awalnya Henry sempat mengalami kegagalan saat mendirikan sebuah perusahaan mobil.

Baca juga : BI Sabet Predikat SPI Terbaik Dari KPK

Diketahui pada 1901, ia mendirikan sebuah perusahaan mobil yang bernama Henry Ford Company. Namun, karena ada beberapa perselisihan akhirnya ia mendirikan perusahaan baru yang bernama Ford Motor Company pada 1903.

6. Renault - 1898
Mobil tertua di dunia lainnya yaitu Renault yang merupakan hasil karya tiga orang ternama yaitu Marcel, Louis, dan Fernand. Menariknya, ketiga orang yang menciptakan Renault merupakan pembalap mobil. Sayangnya, Marcel harus meninggal terlebih dahulu dalam sebuah ajang balap mobil. Hal ini membuat kedua rekannya yang lain memutuskan untuk meninggalkan dunia balap, dan berfokus pada pengembangan Renault. Renault memiliki spesifikasi yang cukup keren pada masanya. Mobil ini telah dilengkapi dengan mesin yang berspesifikasi dengan tenaga 5hp sehingga dapat menghasilkan kecepatan 32 kpj.

7. Opel - 1899
Keluarga Adam Opel awalnya mendirikan perusahaan mesin jahit yang dimodifikasi menjadi sepeda pada tahun 1886. Sejak Adam Opel meninggal istri dan kelima anaknya tersebut menjalankan perusahaan hingga pada 1899 mereka berhasil menciptakan sebuah mobil yang bernama Opel.

Mobil tersebut memiliki mesin dengan kapasitas 1545 cc dan tenaga 3,5 hp. Uniknya mobil ini terdiri dari dua tipe yaitu tipe kursi dua dan kursi  empat. Sayangnya mobil ini kurang laku dipasaran pada saat itu. Hingga 1900, mobil ini hanya terjual sebanyak 24 unit. Hal ini membuat Opel terpaksa menjual perusahaannya kepada PSA Group.

Baca juga : Indonesia Gelar F1 Balap Perahu, Menpora Jadi Ketua Panitia

8. Buick - 1899
Terakhir mobil tertua di dunia yaitu Buick. Mobil ini dibuat oleh seorang berkebangsaan Amerika. Awalnya mobil ini bernama Buick Auto-Vim dan Power Company. Mobil Buick ini memiliki spesifikasi mesin twin flat 2605 cc dengan tenaga 16 hp. Mobil Buick berhasil mencuri perhatian banyak orang hingga terjual sebanyak 8.800 unit pada tahun 1908.

Nah, itulah delapan mobil tertua di dunia. Sebagai informasi tambahan, Otoklix juga menyediakan bengkel mobil terpercaya. Saat ini, Otoklix tengah mengadakan promo PROMOIRIT untuk tune up maupun servis berkala. Promo ini berlaku hingga akhir Desember 2022, dan meliputi ganti oli, tune up, servis rem atau servis rem + brake fluid + brake cleaner, dengan gratis filter oli dan jasa servis.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.