BREAKING NEWS
 

Heru Pastikan Pasokan Cabe Dan Bawang Di DKI Aman Jelang Ramadan Dan Idulfitri

Reporter & Editor :
MARULA SARDI
Senin, 6 Maret 2023 19:51 WIB
Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan stok bahan pangan cabe dan bawang. Pengecekan dilakukan bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Senin (6/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan stok bahan pangan cabai dan bawang. Pengecekan dilakukan bersama Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Senin (6/3).

Ketersediaan cabe dan bawang disebut Pj. Gubernur Heru terbilang aman, khususnya karena Kementerian Pertanian telah memasok ratusan ton komoditas cabe dan bawang di Pasar Induk Kramat Jati.

Baca juga : Seru! Relawan Puan Gelar Gawang Mini, Pesertanya Bapak-bapak Dan Emak-emak

"Hari ini Pak Mentan memasukkan pasokan kurang lebih 17 ton cabe yang berasal dari Jawa Tengah (Magelang dan Temanggung) dan Jawa Barat (Garut dan Sumedang), serta bawang merah total 175 ton (yang masuk secara bertahap) ke Pasar Induk Kramat Jati," jelas Pj. Gubernur Heru.

Adsense

Pj. Gubernur Heru juga terus memastikan agar distribusi pasokan kebutuhan bahan pokok tersebut berjalan lancar. Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur Heru mengapresiasi jajaran Kementerian Pertanian dan Satgas Pangan yang telah menjamin ketersediaan pangan.

Baca juga : Pemprov DKI Siapkan Faskes Dan Tanggung Biaya Pengobatan Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

"Mudah-mudahan semua terkendali, tadi pedagang menyatakan sudah stabil. Dan komoditas yang lain juga akan kita siapkan stok yang ada," katanya.

Sementara itu, Menteri Syahrul mengatakan, ketersediaan bawang dan cabe merah untuk HHBKN dinilai sangat aman. Akan tetapi, dia meminta agar semua pihak terus melakukan pengawalan dan mendistribusikannya ke seluruh pasar-pasar perkotaan di Indonesia.

Baca juga : Samakan KKB Papua Dengan Preman, Panglima: Jangan Dibesar-besarkan

"Mohon dukungannya agar pemerintah selalu dapat melayani masyarakat dengan baik. Utamanya, bagi kami, dalam penyediaan pangan, termasuk bawang merah dan cabe ini. Semoga HBKN Ramadan dan Idulfitri bisa kita tunaikan dengan sebaik-baiknya," ujar Syahrul.

Selain bawang, ia turut memastikan ketersediaan bahan pokok lainnya juga dalam kondisi aman, seperti pasokan beras yang terus melimpah seiring panen raya di sejumlah daerah.

"Tugas kami dari presiden adalah turun ke lapangan. Alhamdullilah neraca kami cukup oke. Tetapi Pak Presiden minta validasi ke lapangan. Hari ini sudah dua kali. Kita sudah siapkan beras, cabe, dan lain-lain, semua aman," katanya.

Pemprov DKI Jakarta mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian Pertanian dalam rangka pengendalian inflasi sektor pangan di DKI Jakarta. Hal ini tidak hanya memberikan pengaruh terhadap inflasi Jakarta, namun juga akan memberikan pengaruh terhadap inflasi nasional karena seperti diketahui bahwa nilai inflasi Jakarta memberikan pengaruh 25 -27% terhadap inflasi nasional.

Kenaikan harga pangan akibat kenaikan permintaan pasar dan kondisi curah hujan yang berpengaruh terhadap pasokan yang masuk ke Jakarta tidak dapat dihindari, namun Pemprov DKI Jakarta senantiasa berupaya agar kenaikan harga dapat dikendalikan. Upaya yang dilakukan untuk menjaga kestabilan harga dan pasokan pangan, antara lain:

1. Monitoring ketersediaan dan harga bahan pangan secara rutin harian bekerja sama antar-OPD, BUMD Pangan, Satgas Pangan DKI Jakarta;
2. Menjaga pasokan pangan yang masuk ke DKI Jakarta, di antaranya adalah kerja sama dengan pemerintah pusat dan kerja sama antarpelaku usaha untuk penyediaan dan pendistribusian bahan pangan;
3. Pelaksanaan kegiatan Penyediaan dan Pendistribusian Pangan Subsidi bagi Masyarakat Tertentu seharga Rp 126.000,- per paket yang terdiri dari beras, daging ayam ras, daging sapi, telur ayam ras, ikan kembung dan susu UHT;
4. Melaksanakan pengawasan mutu pangan yang beredar di pasar untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat;
5. Melakukan Gerakan Pangan Murah melalui:
- Pendistribusian Pangan Subsidi di 336 lokasi distribusi
- Pengoptimalan Gerai Pangan Perumda Pasar Jaya yang tersebar di 5 Kota Administrasi dan 1 kabupaten Administrasi
- Pelaksanaan Pangan Keliling yang secara rutin dilaksanakan oleh BUMD Pangan (PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Pasar Jaya, Perumda Dharma Jaya) dan Bulog Divre Jakarta Banten
- Pelaksanaan Bazar Pangan menjelang HBKN
- Pemanfaatan lahan ruang di lingkungan sekitar dengan penanaman tanaman yang cepat panen (sayur-sayuran dan buah-buahan).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense