BREAKING NEWS
 

Pentingnya Sinergi Daerah Terkait Naiknya Harga Komoditas

Gerakan Tanam Bagus Buat Kendalikan Inflasi

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Minggu, 3 Desember 2023 07:30 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indo­nesia (BI) DKI Jakarta Arlyana Abubakar. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sinergi Dengan Daerah Penyangga

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Pemprov DKI Ja­karta bersinergi dengan Pemda lain, yakni Pemda Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, serta Kota Bekasi, melalui High Level Meeting (HLM) TPID di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/11/2023).

Sinergi ini sejalan dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar setiap daerah mampu mengendalikan inflasi.

Baca juga : Ganjar Komitmen Perjuangkan Pemekaran Wilayah Buat Kesejahteraan Rakyat

“Sesuai arahan Mendagri pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah se-Indonesia pada 20 November 2023, yang perlu dilakukan adalah Gerakan Tanam. Gerakan ini untuk mengatasi permasalahan, terutama kenaikan harga komoditas cabai rawit dan cabai merah,” jelas Heru.

Menurut Heru, arahan lain dari Mendagri adalah melaku­kan aksi stabilisasi pasokan dan harga pangan. Cara ini bisa dilaksanakan dengan mengecek ketersediaan stok, mengawasi sistem dan jalur distribusi, serta meningkatkan cadangan pangan.

Hal itu menjadi fokus, meng­ingat mendekati HBKN Natal, Tahun Baru dan event besar lain­nya, maka perlu ada penanganan terhadap pangan. Mengingat peran penting DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten dalam menen­tukan roda perekonomian dan perkembangan inflasi nasional.

Baca juga : Ingat! Kendalikan Inflasi, Perut Rakyat Kudu Terisi

Wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat memiliki andil terha­dap perekonomian nasional pada tahun 2022 sebesar Rp 6.356,50 triliun atau sebesar 32,45 persen.

Bahkan, kontribusi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terhadap perekonomian nasional pada tahun 2022 sebesar Rp 4.504,26 triliun atau sebesar 22,99 persen (sumber data BPS, diolah).

Wilayah Jabodetabek berkon­tribusi 46,15 persen terhadap inflasi nasional. Selain itu, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten berkontribusi 53,34 persen terhadap inflasi nasional.

Baca juga : Sinar Primera Gaet Gaw Capital Partners Kembangkan Pusat Data Di Indonesia

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 3/12/2023 dengan judul Pentingnya Sinergi Daerah Terkait Naiknya Harga Komoditas, Gerakan Tanam Bagus Buat Kendalikan Inflasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense