Dark/Light Mode

Pentingnya Memotivasi Gen Z Agar Sehat Mental

Senin, 23 Oktober 2023 17:58 WIB
Rektor UAI melepas balon tanda dibukanya acara (Foto: Ist)
Rektor UAI melepas balon tanda dibukanya acara (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak semua remaja mampu mengenali diri mereka dengan baik. Terlebih bagi remaja yang mengalami gangguan kesehatan mental.

Dengan pengarahan serta motivasi yang tepat, para remaja di tingkat SMA dan sederajat akan bisa mengenali dirinya serta memahami tujuan hidupnya.

Kegalauan yang kerap dirasakan para remaja di tingkat SMA inilah yang menjadi perhatian psikolog dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Andri Hadiansyah.

Melalui keilmuan psikologinya, Andri berupaya memfasilitasi generasi Z untuk bisa menemukan potensinya melalui program Motivation Session: Ask Yourself, Who Am I?.

Kegiatan diselenggarakan di Auditorium UAI Jalan Sisimangaraja Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada Senin (23/10/2023).

Selama satu jam lebih, Andri mengajak 318 siswa SMA yang hadir untuk menyadari bahwa mereka adalah sosok istimewa yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Baca juga : Genjot Produktivitas, BTN Komit Jaga Kesehatan Mental Pegawai

Para peserta program sesi motivasi diingatkan untuk bisa mengontrol diri mereka sendiri dan terus membangun mindset positif dalam menjalani kehidupan.

“Ingat, setiap orang punya masalahnya masing-masing. Sudut pandang yang berbeda atas satu hal itulah yang memicu masalah dalam kehidupan kita. Karena itulah kita harus berhati-hati dalam menilai suatu hal, apakah itu kebenaran atau pembenaran,” jelas Andri Hadiansyah.

Para siswa yang berasal dari 12 sekolah negeri dan swasta di wilayah Jakarta Selatan ini mengikuti sesi motivasi selama satu jam lebih.

Untuk menggali potensi dirinya, para peserta diajak menjawab pertanyaan reflektif, mengikuti permainan ringan untuk menguji rasa percaya diri dan kekompakan tim.

Melalui Motivation Session: Ask Yourself Who Am I? ini, psikolog sekaligus dosen di kampus swasta Islam terbaik di Jakarta ini juga memaparkan materi seputar hal-hal yang harus dilakukan oleh remaja ketika sedang mencari jati dirinya.

Termasuk mempersiapkan diri dalam menyambut fase dewasa awal agar lebih terarah dan bisa sesuai dengan kepribadiannya masing-masing.

Baca juga : Di Tengah Serangan Israel, Orangtua Di Gaza Berjuang Jaga Kesehatan Mental Anak

Sesi motivasi bagi generasi Z yang menjadi salah satu isu penting dari sisi kesehatan mental.

Saat ini, sebagian Gen Z tengah memasuki fase remaja dan fase dewasa awal. Pada fase dewasa awal, Gen Z mengalami perubahan pola kehidupan, pola pikir, dan pola emosional.

“Fase remaja menuju dewasa awal biasanya dimulai pada usia 18 tahun. Pada fase ini, kebanyakan remaja kesulitan menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Banyak hal yang ingin mereka lakukan dan tak jarang juga banyak yang justru kehilangan jati diri mereka,” jelas Andri Hadiansyah.

Sementara itu, Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia Asep Saefuddin berpesan agar para siswa SMA ini memiliki cita-cita yang tinggi dan bisa menentukan program studi yang tepat saat memasuki fase kuliah.

Menurut Asep Saefuddin, masa remaja merupakan masa perubahan. Di masa remaja, mereka kerap mempertanyakan siapa jati diri mereka dan apa yang akan dilakukan di masa depan.

Untuk itulah para remaja ini harus diarahkan secara tepat agar nantinya tidak berada pada lingkungan yang salah.

Baca juga : Kasih Sekantong Multivitamin, JK Perhatian Ke Anies

Motivation Session ini merupakan rangkaian acara dari pembukaan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Indonesia Tahun Akademik 2024/2025.

Acara berlangsung meriah dengan sesi pelepasan balon dan 100 ekor burung di rooftop UAI sebagai tanda resmi dibukanya pendaftaran mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Indonesia Tahun Akademik 2024/2025.

Rangkaian acara berlangsung secara interaktif dan mendapatkan respon positif dari siswa dan guru yang hadir di acara ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.