BREAKING NEWS
 

Dinkes DKI Layani Kesehatan Jiwa Peserta Pemilu 2024

Caleg Dan Timses Stres Jangan Malu Ke Psikiater

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Senin, 12 Februari 2024 06:50 WIB
Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Untuk menghadapi tingkat stres yang mungkin meningkat usai Pemilu, Ngabila meminta warga tidak menganggap remeh masalah kesehatan jiwa.

“Kami mengajak masyarakat tidak malu berkonsultasi dan mencari bantuan kesehatan jiwa yang ringan untuk mencegah gangguan yang lebih berat,” ujarnya.

Diungkapkan dia, kesehatan jiwa bukan hanya mengobati penyakit. Namun juga mem­perkuat kualitas hidup secara keseluruhan. Karena itu, RSUD Tamansari siap menampung caleg, petugas KPPS, timses capres/caleg, fans fanatik capres.

Baca juga : Juventus Vs Udinese, Si Nyonya Tua Wajib Menang

“Bisa berkonsultasi ke psikiater RSUD kami sesuai jadwal, Senin-Sabtu jam 12.00-21.00 WIB (info lebih lanjut ada di medsos) atau hubungi hotline 085892481576,” jelas Ngabila.

Selain itu, Ngabila menyebut, pihaknya berencana membuka layanan konsultasi online by Zoom selama 15 menit per pasien sebagai penapisan awal kasus, untuk memutuskan apakah perlu tatap muka dengan psikiater RSUD Tamansari untuk konseling atau pengobatan atau tidak.

“Tarif pasien umum konseling dengan psikiater Rp 60.000 saja. Jika ada rujukan BPJS dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Per­tama), maka gratis,” terangnya.

Baca juga : Tenis Qatar Terbuka 2024, Nadal Siap Unjuk Gigi

Untuk mencegah gangguan jiwa berat yang menyebabkan perlu minum obat dalam waktu lama atau membahayakan diri dan sekitar, Ngabila menyarankan segera konsultasi online atau langsung ke psikolog dan psikiater. Jangan malu atau takut distigma negatif.

Overthinking, cemas, insom­nia, depresi, impulsif, gangguan mood, dan lain-lain. Bisa tidak perlu obat hanya konseling, bisa juga diberikan obat dalam jangka waktu singkat,” ujarnya.

Dia juga menyarankan warga selalu berpikir positif dan mengambil hikmah positif dari setiap peristiwa.

Baca juga : Injury Time Bagi Capres

“Ceria, sesuai anjuran Kemenkes: cerdas intelektual, spiritual, emosional, empati, rajin ibadah, interaksi yang bermanfaat, asah asih asuh pada keluarga,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 12 Februari 2024 dengan judul Dinkes DKI Layani Kesehatan Jiwa Peserta Pemilu 2024, Caleg Dan Timses Stres Jangan Malu Ke Psikiater

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense