BREAKING NEWS
 

Tes PCR Gencar Dilakukan

Hari Ini Laporkan 432 Kasus Baru, Positivity Rate di DKI Mendekati Standar WHO

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 31 Juli 2020 19:22 WIB
Active case finding atau pelacakan kasus Covid secara aktif yang dilakukan Puskesmas Ciracas di Mushola Darul Hikmah, Susukan, Jakarta Timur, Kamis (30/7). (Foto: Puskesmas Ciracas)

 Sebelumnya 
Penambahan kasus positif di Jakarta pada hari ini berjumlah 432 kasus. Total masus aktif di Jakarta saat ini berjumlah 7.157 kasus (orang yang masih dirawat atau diisolasi). Sedangkan, jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta pada hari ini sebanyak 21.201 kasus.

Dari jumlah tersebut, 13.208 orang dinyatakan telah sembuh, dan 836 orang meninggal dunia. 

Baca juga : DKI Laporkan Kasus Baru dan Kasus Sembuh Terbanyak

Sementara itu, positivity rate atau persentase kasus positif dalam sepekan terakhir di Jakarta mencapai angka 6,8 persen. Secara nasional, positivity rate ada di angka 14,5 persen.

Sementara menurut WHO, positivity rate yang ideal tidak lebih dari 5 persen. Namun, persentase kasus positif ini hanya bisa dianggap valid bila standar jumlah tes yang dilakukan telah terpenuhi.

Baca juga : Kasus Baru di DKI Masih Tertinggi, Pasien Sembuh Terbanyak di Jawa Timur

Untuk diketahui, positivity rate dihitung dengan cara membagi jumlah total kasus positif dengan jumlah orang yang dites, lalu dikalikan 100.

Namun, bila jumlah tesnya sedikit, tidak memenuhi standar WHO, maka indikator persentase kasus positif patut diragukan.

Baca juga : Jakarta Juara Kasus Baru? Jangan Panik Dulu...

Selama vaksin belum tersedia, penularan wabah harus dicegah bersama-sama dengan disiplin menegakkan pembatasan sosial dan protokol kesehatan. 

"Tetap tinggal di rumah dan tidak keluar bila tidak ada keperluan mendesak. Selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1,5 sampai 2 meter, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin. Seluruh kegiatan yang diizinkan beroperasi harus dalam kapasitas maksimal 50 persen dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, dan ingatkan sesama untuk selalu menerapkan protokol kesehatan," pesan Fify. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense