BREAKING NEWS
 

Gubernur Anies Berduka Lima Warga Meninggal Akibat Banjir Jakarta

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Senin, 22 Februari 2021 08:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya lima warga akibat bencana banjir Jakarta. 

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI terdapat lima orang yang meninggal dunia.

"Ada korban meninggal jumlahnya lima orang. Empat dari lima orang ini adalah anak-anak usia 7 tahun, 11 tahun, 13 tahun," kata Anies saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (21/2).

Baca juga : Anies Sebut Curah Hujan Lebihi Kapasitas Drainase Penyebab Banjir Jakarta

Anies mengatakan, anak-anak yang tewas saat bermain air genangan banjir."Kemudian mereka kembawa arus, ada yang terpeleset dan lain-lain," katanya.

untuk mencegah korban jiwa, Anies mengeluarkan instruksi kepada jajarannya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar memerhatikan dan menegur anak-anak yang bermain air.  Hal ini untuk mengantisipasi agar peristiwa anak meninggal dunia karena bermain air genangan banjir tidak terulang kembali.

Adsense

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, dari ima korban tersebut, empat di antaranya anak-anak dan satu pria lanjut usia (67 tahun).

Baca juga : Generali Indonesia Berikan Klaim Isoman Hingga Rp 2 Miliar Bagi Nasabah Covid-19

Korban merupakan lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan. 

Selain itu, empat anak-anak terdiri dari tiga anak laki- laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat, yang hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain. 
"Satu anak perempuan usia tujuh tahun yang tenggelam di Jakarta Barat," kata Sabdo dikutip Antara.

Ia menerangkan, banjir di wilayah Jakarta Pusat sudah sepenuhnya surut sejak Sabtu (20/2) malam pukul 21.30 WIB. Sedangkan di wilayah lainnya masih ada banjir dengan ketinggian air bervariasi.

Baca juga : Ganjar Ajak Warga Jateng Laporkan Jalan Rusak Lewat Aplikasi Jalan Cantik

Secara keseluruhan ada 49 RT yang masih terdampak dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta atau 0,161 persen. Jumlah pengungsi sebanyak 1.722 jiwa dari 514 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur.

Di Jakarta Barat, terdapat lima RW terdiri atas enam RT dengan ketinggian air 40-70 sentimeter (cm). Di Jakarta Selatan terdapat enam RW terdiri atas 11 RT dengan ketinggian air 40-90 cm. Di Jakarta Timur terdapat 12 RW terdiri atas 32 RT dengan ketinggian air 40-100 cm. Total pengungsi berada di Jakarta Timur, yaitu 1.722 jiwa dari 514 KK. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense