BREAKING NEWS
 

Kasatpol PP DKI Datang, Dagangan PKL Ludes Diborong

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Jumat, 20 Agustus 2021 22:36 WIB
Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin memborong puluhan dagangan PKL di Jalan Majapahit, Gambir, Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/8). (Foto: Pemprov DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Jakarta Pusat ketiban untung. Biasanya, saat ada petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) datang, mereka dag dig dug. Terutama bagi yang melanggar. Takut ditertibkan, atau digaruk lapaknya.

Namun, saat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Arifin mendatangi Jalan Majapahit, Gambir, Petojo Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/8), para pedagang justru bahagia. Pasalnya, petugas nggak lagi kucing-kucingan untuk menertibkan mereka. Melainkan memborong dagangan puluhan pedagang yang ada di jalan ini.

Aksi spontan ini dilakukan saat kegiatan Tali Asih yang dipimpin Arifin membagikan sebanyak 200 paket bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Setelah para pedagang menuturkan omzetnya menurun drastis selama pandemi, pihaknya langsung menghabiskan dagangan mereka dengan cara membeli semuanya.

"Tadi saya berdialog dengan para pedagang mie ayam, gorengan dan banyak lagi. Mereka menyampaikan dagangannya belum banyak laku terjual. Semoga dari dagangan yang saya beli, dan bantuan modal berjualan ini bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Baca juga : Insentif PPN Diperpanjang, Modernland Geber Promo Merdeka Di Kota Modern

Emak-emak berkerudung merah penjual gorengan, sempat menangis saat Arifin hendak merogoh kocek untuk membayar semua dagangannya.

"Kok nangis, kenapa? Jangan nangis. Tetap jaga kesehatan, maskernya. Pokoknya di rumah ingetin tetangga," ujar Arifin sembari menyerahkan beberapa lembar uang yang diterima pedagang itu dengan air mata berlinang.

Anak buah Arifin pun lantas mengambil berbungkus-bungkus gorengan, nasi uduk, mie ayam, bubur, juice dan makanan lainnya yang baru diborong itu. Petugas Satpol PP membagikannya kepada warga sekitar maupun yang kebetulan melintas.

Adsense

"Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, kami ini tidak hanya memiliki tugas pendisiplinan, tapi juga perlindungan. Dalam masa pandemi ini kita harus saling bantu," tutur Arifin.

Baca juga : Bamsoet Ajak PPI Malaysia Kembangkan Semangat Kebangsaan

Secara serentak, Satpol PP DKI Jakarta kembali melaksanakan kegiatan Tali Asih dengan membagikan 200 paket bantuan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di beberapa ruas jalan di lima wilayah DKI Jakarta. Isi paket bantuan yakni beras, minuman kemasan, vitamin, hingga masker.

Sasaran penerima bantuan adalah pedagang kecil, dan sebagian dari warga Jakarta yang beraktivitas mencari penghasilan harian ruang publik yang saat ini terimbas dari pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Ibu Kota.

Diakuinya, dampak pandemi Covid-19 sangat terasa bagi masyarakat. Apalagi untuk kalangan prasejahtera dan yang berpenghasilan harian. Aktivitas mereka tebatasi oleh PPKM.

"Kita memberikan sedikit dari apa yang kita punya untuk membantu dan berbagi. Jangan dilihat isinya. Tetapi niat baik kita di jajaran Satpol PP untuk berbagi dan membantu masyarakat," ungkapnya.

Baca juga : PPKM Diperpanjang, Atlet PON DKI Latihan Dengan Prokes Ketat

Kegiatan ini, lanjut Arifin, juga bertujuan mendorong partisipasi dan kolaborasi serta kepedulian dari pelaku usaha yang mempunyai kelebihan rezeki. Untuk terus saling bantu meringankan beban ekonomi sebagian warga Jakarta di tengah situasi yang sulit.

Untuk diketahui, aksi Tali Asih adalah bantuan yang berasal dari kolaborasi beberapa donatur dan sumbangan rezeki dari lingkungan internal Satpol PP DKI Jakarta. Petugas berpatroli menyusuri ruas jalan Ibu Kota untuk memastikan ketertiban umum sekaligus melakukan edukasi disiplin protokol kesehatan bagi masyarakat. Juga imbauan serta ajakan untuk mengikuti vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar memperkuat daya tahan tubuh terhadap penularan Covid-19.

Aksi ini juga lanjutan dari kegiatan Satpol PP DKI Jakarta kecamatan dan kota yang juga berupaya menggalang kolaborasi untuk membantu meringankan beban warga Jakarta di sela pelaksanaan tugas pengawasan dan penindakan aturan protokol kesehatan di masa PPKM. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense