BREAKING NEWS
 

Pemprov Jakarta Target 1.369 RW Mandiri

Kurangi, Pilah Dan Olah Sampah Jadi Rupiah

Reporter & Editor :
APRIANTO
Rabu, 6 Oktober 2021 07:00 WIB
Warga bersama petugas bank sampah menimbang sampah di kawasan Lebak Bulus, Jakarta. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Mestinya, warga mulai turut berperan mengurangi pengiriman sampah ke Bantargebang. Apalagi daya tampung TPST Bantargebang semakin berkurang. Diperkirakan, tersisa 10 juta ton dari total kapasitas mencapai 49 juta ton.

Pengelolaan sampah lingkup warga telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 77 tahun 2020. Pergub mengatur jadwal pengumpulan sampah setiap hari yang mudah terurai dan sampah residu.

Baca juga : Teluk Jakarta Tercemar Obat, KLHK Mau Panggil Perusahaan Farmasi

Sampah daur ulang pada Selasa setiap pekan pertama dan kedua, yakni berupa plastik, kertas dan logam. Setiap Rabu, sampah B3 rumah tangga. Dan sampah elektronik khusus minggu pertama tiap bulan.

Olah 300 Ton Sampah

Baca juga : Ini Cara Nestle Kurangi Sampah Plastik Kemasan

Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Jaksel) berupaya mengurangi produksi sampah warga. Kira-kira 300 ton sampah ditargetkan bisa berkurang setiap hari.

Pelaksana Tugas Wali Kota Jaksel Isnawa Adji mengungkapkan, wilayahnya rata-rata memproduksi sampah 1.500 ton per hari. Setelah didata, sekitar 60 persen dari total sampah yang dihasilkan adalah sampah organik yang masih bisa didaur ulang. “Masih ada 40 persen sampah anorganik,” kata Isnawa.

Baca juga : Lampaui Target, 110 Bidang Tanah Di Lahan UII Rampung Dinilai KJPP

Target pengurangan sampah di Jaksel tak bisa dilakukan sendiri. Perlu kolaborasi seluruh elemen warga.

Adsense

“Misalnya melalui gerakan bank sampah. Menabung dengan sampah, buat eco enzim, maggot, tidak pakai kantong kresek, bawa tumbler, buat kompos dan lain-lain,” ujar Isnawa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense