BREAKING NEWS
 

AMM-Kominfo Tekankan Kolaborasi Untuk Tangani Dampak Covid-19

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 28 Desember 2021 13:32 WIB
(Dari kiri) TIm Komunikasi Publik PCPEN Kominfo Ika Ardiana, Ketua IPM Nashir Efend, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto, dalam Refleksi Akhir dan Awal Tahun dalam Penanganan Covid-19, di Jakarta, Senin (27/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dia berharap, ke depan, koordinasi Pemerintah serta masyarakat semakin baik dan saling menopang dan fokus menangani Covid-19. Termasuk kolaborasi untuk mendorong percepatan vaksinasi, penegakan disiplin protokol kesehatan, dan pemulihan ekonomi bagi masyarakat yang paling terdampak.

Ketua IPM Nashir Effendi menyampaikan poin-poin penting aktivitas IPM dalam penangangan Covid-19. Salah satunya, lewat Gerakan Yatim Berdaya. Sasaran programnya adalah pelajar Muhammadiyah yang kehilangan orang tua di saat pandemi.

“Jadi, kami ingin mereka berdaya dan mandiri. Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan majelis sosial Muhammadiyah,” terang Nashir.

Baca juga : Anies Puji Kerja Nyata MKGR Dalam Tangani Covid-19

IPM juga berkomitmen untuk turut mendorong percepatan vaksinasi, utamanya di usia 6-12 tahun. Ini demi mempercepat pembelajaran tatap muka bisa kembali dengan aman. IPM siap menjembatani kebijakan Pemerintah agar dapat diterima dan diterapkan oleh pelajar.

Permasalah perempuan dan anak dibahas Ketua PP NA Dyah Puspitarini. “NA fokus pada perempuan dan anak, bahkan saat pandemi. Perempuan dan anak termasuk yang terdampak paling banyak,” tuturnya.

Aksi tanggap Covid-19 yang dilakuan NA meliputi pencegahan, penanganan, dan pemulihan. Fokus areanya di sektor pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi. Upaya pencegahan terus menerus dilakukan melalui edukasi online terkait Covid-19. Upaya penanganan juga dilakukan melalui penurunan kader NA sebagai tenaga kesehatan hingga pemulasaraan jenazah.

Baca juga : BPIP Ajak Warga Tingkatkan Solidaritas Tangani Virus Omicorn

Sementara itu, Ketua Umum IMM Abdul Musawir Yahya menyampaikan pentingnya pemberdayaan masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Terutama dalam hal pengentasan pengangguran. “Penting untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian,” ucapnya.

IMM turut membantu masyarakat desa dalam membentuk UMKM. Membantu ekonomi pedesaan oleh kader IMM penting, karena banyak orang-orang kota pulang ke desa akibat kehilangan pekerjaannya di masa pandemi.

Sebagai penutup, Tim Komunikasi Publik PCPEN-Kominfo Ika Ardina menekankan pentingnya kolaborasi dalam penanganan Covid-19. “Kita butuh bantuan dari berbagai organisasi. Jadi, kami menggandeng baik dari Pemerintah, organisasi, pengusaha, dan tentu saja dengan para pemuda. Dinamika masyarakat perlu didengarkan untuk menentukan kebijakan, jadi perlu kerjasama dan kolaborasi yang konkret” ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense