BREAKING NEWS
 

Dihina Tak Marah, Dibenci Tak Dengki

Anies Dan Jokowi Sebelas Duabelas

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 3 Januari 2022 08:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sifat Anies ini mirip Presiden Jokowi yang juga tak terlalu mempersoalkan aneka cemoohan terhadap dirinya. Selama ini, Jokowi juga mendapat banyak julukan negatif dari para pembencinya. Mulai dari petugas partai, diktator, otoriter, planga-plongo, dan lain sebagainya. Yang terbaru, Jokowi dijuluki "The King of Lip Service" oleh BEM UI. Namun, Jokowi tetap santai. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menanggapinya dengan tersenyum.

"Ya itu kan sudah sejak lama ya, dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter," ujar Jokowi, saat itu.

Baca juga : Tinjau Pameran IKM Bangkit, Jokowi Apresiasi Produk Pengrajin Bali

"Kemudian ada juga yang ngomong saya ini bebek lumpuh, dan baru-baru ini ada yang ngomong saya ini Bapak Bipang. Terakhir, ada yang menyampaikan mengenai The King of Lip Service," sambung mantan Wali Kota Solo ini.

Baginya, kritik, termasuk dalam bentuk julukan, adalah bagian dari kebebasan berekspresi. Karena Indonesia adalah negara demokrasi. "Universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk berekspresi. Tapi, juga ingat, kita ini memiliki budaya tata krama, memiliki budaya kesopansantunan," ingatnya.

Baca juga : Disebut Pemimpin Masa Depan, Anies Doakan Muktamar NU Berjalan Lancar

Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio meyakini, Anies banyak belajar pada Jokowi dalam hal menanggapi kritik dan hinaan ketika menjabat sebagai pemimpin di negara demokrasi. Sehingga tidak heran, jika Anies sebelas duabelas dengan Jokowi.

"Saya rasa Anies Baswedan belajar dari Pak Jokowi," kata pria yang akrab disapa Hensat ini, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Vaksinasi Anak Harus Dibarengi Pemahaman Orang Tua

Sebab, sikap Jokowi yang tidak marah maupun dengki dalam merespons kritik dan hinaan, terbukti diapresiasi banyak kalangan. Bahkan, tidak jarang banyak yang dahulunya membenci Jokowi, kini putar haluan menjadi pembela Jokowi.

"Itu kan Pak Jokowi berhasil. Jadi memang sudah seharusnya begitu. Sangat baik Anies Baswedan mencontoh Jokowi," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense