Dark/Light Mode

Survei LKPI: Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi Atasi Pandemi

Rabu, 27 Oktober 2021 12:22 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei tentang kinerja pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin dalam menanggulangi kondisi sosial, ekonomi dan politik selama pandemi Covid-19. 

Hasilnya masyarakat menyatakan puas dengan langkah Jokowi-Ma'ruf dalam mengatasi hal-hal tersebut. Itu bisa terlihat dari perasaan beragam yang dialami masyarakat selama pandemi.

Lebih dari setengah responden atau 50,6 persen merasa tidak sabar dan berharap pandemi ini segera berakhir. Sebaliknya, sedikit responden yang merasa frustasi, depresi, jengkel, lelah, dan tidak produktif menghadapi pandemi ini. 

Baca juga : Sandi Jadi Wisatawan Pertama Desa Nglanggeran Setelah Pandemi

"Meski pandemi, hasil survei menunjukkan sebagian besar masyarakat menganggap bahwa perjalanan bangsa Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi masih berjalan ke arah yang benar,” kata Direktur Pusat Data LKPI Alamsyah Wijaya, dalam keteranganya, Selasa (26/10).

Dia menambahkan sebanyak 89,2 persen menjawab Indonesia menuju ke arah yang benar. Sedangkan yang menjawab ke arah yang salah hanya 7,6 persen. Untuk yang menjawab tidak tahu cuma 3,2 persen. 

"Dari hasil survei tersebut menunjukkan tidak ada perubahan yang signifikan mengenai kemana arah negara Indonesia," ungkapnya. 

Baca juga : Perjuangan Masyarakat Adat Butuh Dukungan Semua Pihak

Bahkan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf di bidang ekonomi mencapai 77,7 persen. Sementara yang merasa belum dan tidak puas sebanyak 18,2 persen dan yang tidak menjawab 4,1 persen.

“Peningkatan tersebut menunjukkan pemulihan ekonomi saat pandemi sudah berada di jalurnya. Membaiknya kepuasan publik tersebut juga tak lepas dari pertumbuhan ekonomi sebesar 7,07 persen year on year (yoy) pada kuartal II-2021,” ujar dia. 

Adapun pelaksanaan survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka kepada 1.820 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Hasilnya Margin of Error (MoE) kurang lebih hanya sekitar 2,3 persen. Di samping itu, tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.