BREAKING NEWS
 

Singapura Telat, Kampung Di Sini Sudah Banyak Yang Lepas Masker

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Senin, 28 Maret 2022 06:20 WIB
Ilustrasi. Warga memakai masker pelindung menyeberang jalan di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Singapura. (Foto: REUTERS/Caroline Chia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah negara terus melonggarkan pembatasan penanganan Covid-19. Salah satunya, Singapura, akan menghapus kewajiban pemakaian masker di luar ruangan.

@Pandemictalks mengunggah dua meme berkaitan dengan kebijakan lepas masker di Singapura.

Pertama, seseorang yang mengibarkan bendera Singapura. Di dalamnya ada tertulis pernyataan; Widih bikin iri, Singapura tidak wajibkan lagi warganya pakai masker di luar ruangan mulai 29 Maret 2022.

Baca juga : Bawang Merah Surplus, Kota Wali Siap Suplai ke Daerah Lain Jelang Idul Fitri

Namun, warga Singapura boleh memakai masker di luar ruangan jika menginginkanya. Dan pemakaian masker tetap diwajibkan untuk ruang tertutup dan indoor.

Kedua, seorang wanita yang mengenakan hijab sedang tersenyum. Di dalamnya ada alasan kebijakan Pemerintah Singapura membolehkan lepas masker di luar ruangan.

Antara lain, rendahnya risiko penularan Covid-19 di ruang terbuka, tingkat vaksinasi 2 dosis di Singapura mencapai 95 persen, dan tingkat vaksin booster mencapai 71 persen dari populasi.

Baca juga : Ayo, Perbanyak Operasi Pasar

Hal itu berbanding terbalik dengan Indonesia. Di Tanah Air, vaksinasi 2 dosis baru 57,2 persen terhadap populasi dan booster baru 6,7 persen terhadap populasi.

@Pandemictalks mengatakan, perbandingan Indonesia dan Singapura memang tidak apple to apple. Kata dia, setiap negara mempunyai cara dan kesulitan masing-masing menghadapi pandemi.

“Namun yang pasti adalah proses dan ikhtiar yang konsisten berbasis sains itu penting banget!,” ujarnya.

Baca juga : Cegah Pekerja Migran Ilegal, Siapkan Banyak Lapangan Kerja

@Pandemictalks melanjutkan, vaksinasi dua dosis dan booster di Singapura sudah sangat tinggi. Dia mengimbau netizen untuk mempercepat vaksin dua dosis dan booster. Jangan lupa juga, kata dia, ventilasi ruang tertutup diperhatikan karena memiliki peranan yang sangat penting.

“Singapura aja masih wajibkan warganya untuk pakai masker di ruang tertutup! Lah kite bijimane?? Yuk Indonesia bisa Yuk,” tambah @Pandemictalks.

Netizen ramai-ramai mengingatkan Pemerintah untuk tidak buru-buru membuat kebijakan lepas masker di luar ruangan seperti di Singapura. Sebab, kondisi masyarakat Indonesia dengan Singapura berbeda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense