BREAKING NEWS
 

Harta Pimpinan KPK

Firli Paling Kaya Lili Paling Miskin

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 24 Mei 2022 06:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Meskipun jadi orang kaya ketiga, lonjakan harta Alex adalah yang paling signifikan dibandingkan pimpinan KPK yang lain. Yakni mencapai Rp 2,2 miliar dibanding tahun sebelumnya. Karena, dalam laporan tahun 2021 untuk periodik 2020, Alex diketahui mengantongi harta sebanyak Rp 7 miliar.

Di urutan keempat, Nawawi Pomolango diketahui punya harta kekayaan sebesar Rp 3,4 miliar. Terdiri dari tanah dan bangunan Rp 1,8 miliar, alat transportasi senilai Rp 557 juta, harta bergerak lainnya senilai Rp 125 juta. Kemudian, kas dan setara kas Rp 732 juta, serta harta lainnya Rp 330 juta. Namun, ia juga punya utang sebanyak Rp 150 juta.

Baca juga : Anies Paling Sering Diserang

Meskipun jadi orang miskin kedua di jajaran pimpinan KPK, harta kekayaan Nawawi juga tercatat mengalami kenaikan sebesar Rp 1,19 miliar dalam setahun terakhir. Sebab, jika dibandingkan dengan laporan 2021 untuk periodik 2020, Nawawi saat itu mengantongi harta Rp 2,2 miliar.

Terakhir, pimpinan KPK yang termiskin adalah Lili. Harta kekayaannya dalam laporan terbaru pada 22 Februari 2022, adalah Rp 2,2 miliar. Sebagian besar berbentuk tanah dan bangunan yang tersebar di Tangerang Selatan dan Deli Serdang senilai Rp 2 miliar.

Baca juga : Hari Pertama Kerja, KPK Gelar Apel Pagi Secara Hybrid

Dia juga punya alat transportasi senilai Rp 727 juta, berupa 2 unit mobil dan 3 unit motor. Lalu, harta bergerak lainnya senilai Rp 40 juta, kas dan setara kas Rp 200 juta serta harta lainnya Rp 110 juta.

Namun, Lili juga punya utang dalam jumlah cukup besar juga yakni mencapai Rp 850 juga. Karena itu setelah ditotal, ia mengantongi harta Rp 2,2 miliar.

Baca juga : Berkat Pendidikan, Firli Bahuri Bisa Keluar Dari Kemiskinan

Meskipun pernah melanggar kode etik dan mendapat sanksi pemotongan gaji, ternyata harta Lili juga mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Yakni mencapai Rp 490 juta dalam setahun terakhir. Penambahan kekayaan itu diketahui dari selisih laporan harta Lili tahun terakhir dibandingkan tahun sebelumnya, berdasarkan laporan 2021 untuk periodik 2020 yang baru mencapai Rp 1,7 miliar.

Juru bicara KPK yang dikonfirmasi tadi malam, soal harta kekayaan pimpinannya ini tidak memberikan tanggapan. Namun, pegiat antikorupsi Erwin Natosmal Oemar menilai penambahan harta pimpinan KPK sebagai suatu kewajaran jika sesuai dengan besaran gaji dan tunjangan yang mereka terima dalam setahun. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense