BREAKING NEWS
 

Banjir Di Jawa Tengah

Pak Gub, Urus Banjir Dululah

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : ADITYA NUGROHO
Rabu, 25 Mei 2022 07:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto : Instagram @ ganjar_pranowo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sedang mendapat cobaan berat. Beberapa daerah di wilayah kekuasaannya, dilanda banjir rob sejak Senin (23/5). Banjir ini jadi sorotan warga dunia maya. Mereka berteriak gini ke Ganjar: Pak Gub, urus banjir dulu lah!

Banjir akibat laut pasang menerjang Semarang dan sejumlah daerah di pesisir utara Jateng, seperti Kota Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Demak, dan Pati. Banjir rob ini diperparah dengan jebolnya tanggul di sungai kawasan berikat Lamicitra. Semarang menjadi daerah yang paling parah terkena terjangan banjir rob ini.

Baca juga : Angie Ang, Damai Dengan Pacar Usai Curhat Dianiaya

Ketinggian air yang mencapai 2 meter membuat Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang Utara, lumpuh total hingga 21 jam. Para pekerja histeris dan kesulitan pulang ke rumah, karena akses jalan lumpuh akibat terendam air. Pelayanan aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut baru pulih kembali pada Selasa (24/5) siang.

Tak hanya mengganggu perekonomian, banjir yang terjadi di Semarang juga menyebabkan 8 ribu warga terdampak. Ada yang mengungsi di tempat yang sudah disediakan, tapi ada juga yang memilih bertahan meskipun ketinggian banjir mencapai 1,5 meter.

Baca juga : Valeria Vasilieva, Tenar Pasca Tuding Polisi Bali Korupsi

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengaku banjir rob kali ini adalah yang tertinggi dalam satu dekade terakhir, mencapai 2 meter. Ia dan anak buahnya berjibaku menutup dua titik tanggul yang jebol diwilayahnya menggunakan karung pasir, sebagai upaya antisipasi sementara. Pihaknya juga mendirikan dapur umum.

Adsense

“Ada 6 RW di Kota Semarang dengan 8.000 KK yang terdampak,” kata Hendrar Prihadi.

Baca juga : Shalat Di Masjid Tak Pakai Masker, Yang Sakit Di Rumah Aja

Ganjar memang tidak tinggal diam. Ganjar langsung turun ke lokasi tak berapa lama setelah air rob menerobos daratan. Salah satunya di Semarang Utara.

Di sana, ia menemui supir truk yang terjebak banjir, berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk menelepon General Manager Pelindo hingga membagikan kaos ke sejumlah warga di lokasi banjir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense