BREAKING NEWS
 

Relawannya Terus Deklarasi

Ganjar Dihidup-hidupkan

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : SISWANTO
Senin, 13 Juni 2022 07:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Selain mengikuti kegiatan deklarasi, Sahabat Ganjar juga menyalurkan pasera atau paket sembako rakyat (pasera) kepada masyarakat di kawasan Kabupaten Tabanan dan Gianyar. Sahabat Ganjar menyalurkan sebanyak 100 paket sembako untuk membantu masyarakat di Tabanan. Proses pengisian data penerima bantuan sudah menggunakan aplikasi digital yang dimiliki oleh Sahabat Ganjar.

Sehari sebelumnya, ribuan emak-emak perwakilan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar. Deklarasi digelar di Gedung Puspa Pesona, Jalan Raya Taman Mini, Taman Anggrek Indonesia Permai, Jakarta Timur, Sabtu (11/6).

Baca juga : Ribuan Emak-Emak Banten Deklarasi Dukung Ganjar Capres 2024

Koordinator Mak Ganjar Jabodetabek, Evy Nafisah mengatakan,  masa depan dan harapan kaum hawa ada di sosok Ganjar. Ganjar cerdas, peduli, dan mengerti kaum perempuan. Evy pun mengajak ibu-ibu di Indonesia bergerak untuk mendukung Ganjar sebagai Presiden 2024.

Pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing menilai wajar kalau kelompok relawan Ganjar terus bergerak. Sekalipun, menurutnya, sebutan relawan kepada mereka kurang tepat. "Saya cenderung menyebutnya sebagai politisi lapangan pragmatis (polatis). Sebab, sejatinya relawan itu harus taat aturan,” kata Emrus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Emak-emak Militan Se-Jabar Deklarasi Dukung Ganjar

Kenapa polatis? Kata Emrus, konstitusi menyebutkan, pasangan calon presiden 2024 (Paslon 2024) hanya diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik. “Jadi tidak ada itu capres diusung oleh kekuatan politik lainnya,” tegas Emrus.

Masih menurut Emrus, idealnya relawan itu ada setelah pasangan capres-cawapres ditetapkan oleh KPU. Para relawan ini terdaftar dan bisa melakukan kampanye memenangkan pasangan yang didukungnya.

Baca juga : Dukung Susi Nyapres, Relawan #KopiSusi Deklarasi Di Bekasi

Namun yang terjadi saat ini, relawan dibentuk di mana-mana sebagai show off kepada publik. Tujuannya, untuk mendikte parpol yang memiliki boarding pass untuk Pilpres 2024 untuk mengusung tokoh yang mereka dukung sebagai capres. “Jika para polatis ingin mengusung paslon Pilpres ke depan, mereka bentuk saja parpol, atau berjuang agar undang-undang membolehkan Paslon Pilpres tidak hanya dari parpol,” ucap Emrus.

Kata dia, apa yang dilakukan relawan ini tak lain untuk menghidupkan dan menjaga pamor Ganjar agar tidak redup. Caranya dengan membentuk persepsi kepada publik tentang besarnya dukungan akar rumput pada Ganjar. "Dengan komunikasi ini publik memilih bukan karena keberhasilan tapi dari strategi komunikasi para relawan ini," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense