BREAKING NEWS
 

Puan: Kawasan Jalan Bung Karno Harus Jadi Berkah Buat Masyarakat Purwokerto

Reporter : IRANDI KASMARA
Editor : WAHYU SURYANI
Rabu, 6 Juli 2022 20:27 WIB
Kawasan Jalan Bung Karno di Banyumas/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungannya ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Ketua DPR Puan Maharani juga meresmikan kawasan Jalan Bung Karno di Purwokerto. Selain jalan, Kawasan Bung Karno di Ibu Kota Banyumas itu berisi sejumlah fasilitas serta sarana dan prasarana.

“Kawasan Jalan Bung Karno yang menyandang nama Bapak Bangsa kita, semoga menjadi berkah dan kebanggaan bagi masyarakat Purwokerto,” harap Puan dalam Peresmian Kawasan Bung Karno, Purwokerto, Rabu (6/7).

Kawasan Bung Karno berada di lahan seluas 50 hektare, terdiri dari Jalan Bung Karno yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya. 

Kemudian ada juga menara pandang Purwokerto bernama Menara Teratai,  Convention Hall Putera Sang Fajar, kawasan kuliner Madhang Maning Park, dan Jembatan Proklamator.

“Bung Karno dikenal dengan berbagai gelar. Sebagai Proklamator, sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, penggali Pancasila, sebagai Bapak Bangsa, dan juga sebagai seorang arsitek yang andal,” ucap Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut menyinggung peran sang kakek yang berhasil membangun berbagai ikon Indonesia mulai dari Monas, Gedung DPR hingga Masjid Istiqlal. 

Baca juga : PLN Ajak Masyarakat Pakai Skuter dan Alat Masak Listrik

Puan mengingatkan bahwa Bung Karno dikenal sebagai arsitek yang mendapat pengakuan dunia.

“Bukan karena beliau membangun banyak gedung secara fisik belaka, tetapi karena ada gagasan besar, ada semangat besar yang Bung Karno ingin wujudkan dengan pembangunan berbagai ikon arsitektur,” tuturnya.

Oleh karena itu, Puan berharap jika ada bangunan, gedung atau kawasan yang menggunakan nama Bung Karno, harus dipastikan juga memiliki gagasan besar kebangsaan yang ingin dibangkitkan.

Tentunya, termasuk Kawasan Bung Karno Purwokerto yang harus memiliki gagasan besar untuk kesejahteraan rakyat.

Adsense

Contohnya, Madhang Maning Park yang menjadi bangunan untuk pusat kuliner mampu menampung 24 stan kuliner. Ini jangan hanya tempat berjualan, harus menjadi tempat merayakan kekayaan kuliner nusantara.

“Bisa dilihat di buku Mustika Rasa. Waktu itu Bung Karno menginisiasi pengumpulan berbagai resep kuliner dari berbagai daerah, dan dijadikan dalam satu buku Mustika Rasa. Ini bisa jadi gagasan besar yang menjiwai pusat kuliner di Kawasan Jalan Bung Karno, Purwokerto, Banyumas,” tambah mantan Menko PMK itu.

Baca juga : Titah Puan: Jawa Barat Harus Kembali Merah Di 2024

Dengan begitu, Puan berharap masyarakat yang datang atau melewati kawasan ini dapat memahami gagasan-gagasan dan pemikiran Bung Karno. Serta meneruskan perjuangannya.

Usai meresmikan Kawasan Bung Karno, Puan menandatangani prasasti Menara Teratai,  Convention  Hall Putera Sang Fajar, kawasan kuliner Madhang Maning Park, dan Jembatan Proklamator. Dia juga meninjau menara pandang.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, Kawasan Bung Karno dibangun menggunakan dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dia juga menjelaskan alasan pemilihan nama Bung Karno. 

“Karena masyarakat Banyumas ingin berterima kasih kepada Bung Karno dan keluarganya atas jasa-jasa beliau. Di Jembatan Proklamator kalau malam indah, ada lampu-lampu,” terang Husein.

Di kawasan ini juga, terdapat patung Bung Karno yang sangat tinggi dan besar. Patung perunggu tersebut karya seniman I Nyoman Nuarta yang juga telah membuat banyak patung ternama di Indonesia.

Menara Teratai setinggi 114 meter dibangun untuk menambah PAD (pendapatan asli daerah) dari tiket wisatawan seharga Rp 25 ribu/orang.

Baca juga : Ribuan Milenial Guncang Konser Bersuka Ria Banteng Muda Indonesia

Husein menyebut, Kawasan Bung Karno akan menjadi ikon wisata baru di Banyumas, mengingat baru dibuka saja, dalam sehari rata-rata pengunjung sudah mencapai 1.000 orang.

“Nanti di sini akan ada danau yang diberi nama Danau Fatmawati. Kemudian akan dibangun juga 2 hektare taman bunga yang namanya juga akan terkait Bung Karno,” ucapnya.

Pemkab Banyumas akan membangun tempat ibadah bagi semua agama di Kawasan Bung Karno. Kemudian, direncanakan bangunan gedung DPRD Banyumas baru juga berada di kompleks ini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense