BREAKING NEWS
 

Memperingati Hari Anak Nasional 2022

BPIP Kenalkan Pancasila Lewat Permainan Tradisonal

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 26 Juli 2022 06:26 WIB
Wahana permainan tradisional. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Anak Nasional 2022, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar wahana permainan tradisional untuk anak-anak Indonesia, di Bogor, Sabtu (23/7).

Acara ini merupakan kolaborasi BPIP bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI). 

Pada acara tersebut ditampilkan permainan tradisional mulai dari Pancamain Indonesia yang terdiri dari panca gasing, bola lima, papancakan, balap jajar dan catur teuku umar, sonda/tapak gunung kepulau Indonesia, permainan sejenis ular tanggga raksasa, dan beragam permainan tradisional lainnya dalam berbagai bentuk.

Baca juga : NasDem Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Kesehatan

Pada peringatan tersebut juga ditampilkan maskot karakter Etus dan Elsi yang merupakan representasi anak garuda berwarna putih dan menggemaskan. Pada permainan sonda pulau Indonesia diperkenalkan juga tarian dan lagu daerah yang ditampilkan oleh para Purna Paskibraka Duta Pancasila yang masih berusia anak.

Adsense

Melengkapi permainan Pancamain kepada peserta dibagikan juga Komik si Panca dan Mang Ja’i. Beberapa wahana permainan tradisional disiapkan beragam aneka souvenir dan medali permainan. Bagi anak yang dapat meyelesaikan permainan dengan baik atau menjadi pemenang dalam permainan tradisional akan mendapatkan medali permainan dan souvenir. 

Peyelenggaraan kegiatan berlangsung dengan meriah. 

Baca juga : Simsalabim! Presiden Jokowi Ajak Anak-anak Main Sulap

Hadir dari BPIP Wakil Kepala BPIP Karjono, dan Deputi Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina.  Deputi Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina Rima Agristina  menyampaikan bahwa permainan tradisional yang diangkat oleh BPIP bersama KPOTI merupakan sarana pembelajaran Pancasila

“Kita semua perlu memperkenalkan permainan tradisional sejak dini kepada anak-anak untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dunia anak-anak," kata Rima.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Kepala BPIP Karjono juga menyampaikan bahwa jumlah permainan Tradisional Indonesia sangat banyak.  “Dengan memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak diharapkan anak-anak Indonesia semakin mencintai dan bangga sebagai anak Indonesia," ujar Karjono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense