Dark/Light Mode

Mentan Ajak Perbankan Perkuat Pertanian Indonesia

Jumat, 22 Juli 2022 09:57 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat webinar BNI/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat webinar BNI/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak Perbankan, khususnya  jajaran Bank Milik Negara seperti Bank Negara Indonesia (BNI), memperkuat cakupan kerjanya dalam membangun sektor pertanian Indonesia. 

Salah satunya dengan memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang selama ini menjadi program strategis dalam mengantisipasi kemungkinan adanya krisis pangan global.

"Ke depan saya berharap, ada loncatan untuk lebih besar lagi, lebih strategis lagi dan lebih berkontribusi lagi. Tidak hanya mengurusi perbankan saja, tetapi masuk pada tingkat menyelamatkan bangsa, ekonomi dan pejuang bagi Indonesia. BNI harus paling depan menumbuhkan ekonomi negara di tengah ancaman krisis global," ujar SYL dalam Webinar Nasional BNI, Kamis (21/7).

Baca juga : Kementan Dan BNI Kompak Tingkatkan Ketahanan Pangan

SYL mengatakan, kehadiran BNI selama ini terbukti mampu menopang anggaran di sektor pertanian. BNI dinilai sudah memiliki visi dan misi yang sama dengan pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Saya ingin katakan, saya bisa menjadi menteri selalu saja ada BNI. Dan BNI selalu melekat pada proses perjalanan saya. Saya merasa BNI sesuatu yang saya yakini memiliki visi dan misi yang sama dengan Bapak Presiden. BNI bersama kementan membantu produktivitas naik," katanya.

Saat ini, kata SYL, Kementan memiliki program jangka panjang menghilangkan losses pada setiap pangan yang diproduksi. Di antaranya, dengan menghadirkan ratusan teknologi seperti Taxi Alsintan di seluruh Indonesia.

Baca juga : Parsindo Ajak Partai Mahasiswa Indonesia Kawal Agenda Reformasi

Dia berharap, BNI menjadi palang pintu terdepan dalam menghadirkan dan menggerakkan teknologi taxi alsintan di seluruh Indonesia sehingga kita bisa mengurangi losses pada setiap pangan yang diproduksi. 

“Yang pasti, kalau kita mau jadi penyelamat, tentu saja ada kerja extraordinary. Karena itu, di tangan kita harus, hadir kebaikan dan ketulusan," katanya.

Direktur Kelembagaan BNI Apik Wijayanto menyampaikan terima kasih atas perhatian dan arahan Mentan terhadap hadirnya Kredit Usaha Rakyat di sektor pertanian. 

Baca juga : Grab, Emtek Dan Bukalapak Percepat Digitalisasi UMKM Di Seluruh Indonesia

Kata Apik, BNI selalu siap mendukung semua program strategis Kementan.

"BNI mendukung dan fokus pada program pertanian agar kita terhindar dari ancaman krisis pangan global. Terutama dukungan kita pada program KUR," ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.