BREAKING NEWS
 

Kasus Dana Hibah Kemenpora

KPK Jangan Sungkan Usut Menpora

Reporter : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Editor : FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 20 Desember 2018 22:19 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. (Foto: IG Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Yayuk Basuki mendorong KPK mengusut tuntas skandal akal-akalan penyaluran dana hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terhadap Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tahun Anggaran 2018. Yayuk mengatakan, pengusutan kasus dana hibah Kemenpora ini bisa menjadi pintu masuk untuk menyelidiki kasus lain yang lebih besar, yakni dugaan korupsi pelaksanaan Asian Games.

“Banyak dugaan ketidakberesan dalam pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia tersebut. Kita dorong KPK usut tuntas,” kata Yayuk dalam keterangannya, Kamis (20/12). Yayuk juga meminta KPK tak ragu-ragu menelusuri dugaan keterlibatan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dalam kasus ini. Mantan atlet tenis ini meyakini, langkah tegas KPK mengusut dugaan keterlibatan Menteri Kabinet Kerja sekaligus petinggi salah satu partai pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin ini, bisa memupuk keyakinan masyarakat atas independensi KPK dalam penegakan hukum di Indonesia.

Adsense

Baca juga : KPK Amankan Duit Rp 7 Miliar

"Menguapnya nama petinggi partai berkuasa dalam kasus korupsi e-KTP membuat independensi KPK dipertanyakan. Jadi, KPK tak perlu sungkan. Inilah waktunya untuk membuktikan bahwa lembaga anti rasuah benar-benar independen,” tegas Yayuk.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi mengendus dugaan keterlibatan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi terkait skandal akal-akalan penyaluran dana hibah dari Kemenpora terhadap KONI Tahun Anggaran 2018. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, merujuk penetapan tersangka gratifikasi terhadap tiga pejabat Kemenpora dan dua petinggi KONI.

Baca juga : KPK Turut Periksa Asisten Pribadi Menpora

“Saya belum bisa simpulkan itu, tetapi indikasinya memang peranan yang bersangkutan (Menpora) signifikan ya,” ujar Saut di kantornya, Kuningan Persada, Rabu (19/12) malam. Tim KPK kemarin juga melakukan penggeledahan di ruang Imam Nachrowi dan sejumlah ruangan di Kemenpora dan KONI. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense