BREAKING NEWS
 

Please, Jangan Egois Dan Tidak Peduli Lingkungan

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Sabtu, 13 Agustus 2022 08:05 WIB
sebuah Masjid bernama Masjid Wal Adhuna. Diketahui masjid tersebut merupakan saksi bisu mengenai tenggelamnya Ibukota Negara, DKI Jakarta secara perlahan akibat banjir rob. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Pada tahun 2016 koran di Amerika su­dah memprediksi Jakarta akan tenggelam pada tahun 2050,” beber @Tara_Virya.

Bahkan, lanjut @Tara_Virya, Jakarta bi­sa lebih cepat tenggelam jika masyarakat egois dan tidak peduli pada lingkungan. Dia mendesak Pemprov DKI Jakarta memper­hatikan amdal untuk setiap pemberian izin pembangunan di Ibu Kota.

“Tidak hanya Jakarta yang akan tenggelam, di sepanjang pantai utara rawan tenggelam karena kenaikan permukaan laut dan abrasi pantai, di sebagian utara Semarang, Demak juga sangat parah,” ungkap @Van_augur27.

Baca juga : BI: Penjualan Eceran Juli Meningkat

Menurut @Wad, salah satu solusi agar Jakarta tidak tenggelam dengan mem­buat sumur resapan. Dengan begitu, air kembali ke tanah. Tapi, sumur resapan harus dibuat dengan benar dan dalam skala besar. “Sumur resapan dibangun harus sebanding dengan pemakaian airnya,” kata dia.

Akun @Zuhhad_abd menambahkan. Kata dia, agar tidak ada penggunaan air tanah secara berlebihan di Ibu Kota dengan cara perluasan jaringan pipa air bersih dan perbaikan pelayanan PAM Jaya dan PDAM setempat. “Perlu inovasi seperti Belanda supaya Jakarta tetap bertahan dan tidak tenggelam,” ujar @Agung_yoga.

Akun @Ekopraseryow heran dengan prediksi Jakarta akan tenggelam. Soalnya, prediksi ini tidak berpengaruh karena Pantai Indah Kapuk (PIK) tetap dibangun terus. “Nggak ada takut-takutnya,” kata dia.

Baca juga : Tango Dikepung Tim Kuda Hitam

Namun, @Christhopher_jo kesal dengan sebutan 90 persen wilayah Jakarta akan tenggelam pada tahun 2050. Dia bilang, kalau cuma Jakarta Utara yang diprediksi tenggelam, tidak tepat disebut 90 persen wilayah Jakarta.

“Berita Jakarta akan tenggelam ter­lalu didramatisir. Karena yang dimaksud mungkin tergenang dan bukan tenggelam. Kalau tenggelam sampai berapa meter,” ujar @Harus_taulo.

“Itu bukan tenggelam, tapi banjir rob yang terjadi hampir setiap tahun,” tam­bah @Rizkigun.

Baca juga : Lanjutkan Jokowi, Puan Sampaikan Terima Kasih Kepada Pendukungnya

Akun @Lovebeingalone menimpali. Dia menyebut informasi Jakarta akan tenggelam bukan didramatisir, tapi fakta. Dia menyebut beberapa kampung di Jakarta Utara seperti Kampung Apung sudah tenggelam. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense