Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kenaikan Tiket TN Komodo Untuk Pelestarian Lingkungan

Kamis, 28 Juli 2022 20:06 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi NTT dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) berencana akan menaikkan harga tiket masuk menjadi Rp 3,7 juta. Harga tiket baru ini mulai diterapkan pada 1 Agustus 2022. Kenaikan tiket TN Komodo ditujukan untuk pelestarian lingkungan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakn, kenaikan tiket TN Komodo ditujukan untuk pelestarian lingkungan.

"Presiden Joko Widodo baru saja melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo dan apa yang beliau sampaikan jadi pedoman kita. Dampak yang ingin dicapai dari pembatasan kunjungan ke Pulau Komodo dan Padar di TN Komodo adalah untuk konservasi," kata Sandiaga, Kamis (28/7).

Selanjutnya, Sandiaga menyebut, bahwa jika ingin melihat komodo tetap bisa dengan tiket terjangkau, yakni ke Pulau Rinca. Terlebih fasilitas di pulau itu sudah siap pakai.

Baca juga : Jangan Macam-macam, KAI Bakal Tindak Tegas Semua Perusuh Di Lingkungan Stasiun

"Namun untuk melihat komodo dengan harga yang sama masih bisa dilakukan di kawasan Pulau Rinca yang sudah ditata," kata dia.

"Konservasi ini penting karena untuk menjaga kelestarian lingkungan dan populasi komodo di TN Komodo," dia menambahkan.

Ia menyebutkan,  bahwa untuk kenaikan tarif TN Komodo hanya berlaku di Pulau Komodo dan Pulau Padar. 

“Sementara di Pulau Rinca yang sudah selesai penataannya, yang juga merupakan habitat endemik komodo, tidak ada kenaikan harga," kata dia.

Baca juga : PWNU Jabar All Out Dukung Pelestarian Mangrove

Menteri dari Partai Gerindra ini juga menyinggung TN Komodo yang memiliki 142 pulau dan banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi, dengan Labuan Bajo yang juga menjadi andalan. Oleh karenanya, masih banyak pilihan lain jika berkunjung ke sana.

"Di sana ada pantai sering dijadikan tempat berfoto, seperti kawasan Waterfront Kampung Ujung, Marina Labuan Bajo, ada Goa Batu Cermin, ada Pantai Waicicu, Goa Rangko, Pulau Kelor dan sebagainya," kata dia.

Sementara itu, hasil dari sosialisasi PD Flobamor adalah semua kapal dari seluruh Indonesia dan luar negeri yang masuk ke TNK harus beli membership/kontributor di travel agen lokal yang menjadi mitra PD. Flobamor. 

Jasa transportasi lokal menjadi mitra PD Flobamor, sehingga setiap turis menggunakan jasa transportasi lokal, agar bisa terkontrol kualitas pelayanan. Selain itu, PNBP, PAD Pemkab dipastikan sesuai peraturan dan perundang-undangaan yang berlaku. ■

Baca juga : Pembangunan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Rakyat


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.