BREAKING NEWS
 

Jangan Panik, Jokowi: Penularan Cacar Monyet Bukan Lewat Droplet

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 23 Agustus 2022 15:46 WIB
Ilustrasi gejala cacar monyet. (foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi beri perhatian serius pada kasus cacar monyet atau monkeypox.   

Dalam arahannya, Jokowi menginstruksikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin segera menyediakan vaksin cacar monyet.

Baca juga : Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet

“Sudah saya perintahkan kepada Menkes yang pertama urusan vaksin segera,” ujar Presiden saat meninjau progres renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta, Selasa (23/8).

Adsense

Selain vaksinasi, Presiden juga perintahkan jajaran terkait untuk lebih memperketat pemeriksaan di pintu-pintu masuk ke Indonesia.

Baca juga : Jebol Juga, Cacar Monyet Ditemukan Di Jakarta

“Seperti untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi. Kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” tuturnya.

Meski demikian, Jokowi meminta masyarakat untuk tidak panik karena penularan cacar monyet terjadi pada saat pasien sudah bergejala dan melalui kontak fisik dengan pasien.

Baca juga : Pasien Cacar Monyet Mau Isoman Di Rumah? Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi

“Tetapi ini kita tidak perlu panik karena penularannya lewat kontak langsung bukan lewat droplet. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu,” ujar Presiden.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi adanya satu kasus positif cacar monyet pertama di Indonesia pada 20 Agustus 2022 lalu. Pasien berusia 27 tahun asal Jakarta tersebut sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense