Dark/Light Mode

Jebol Juga, Cacar Monyet Ditemukan Di Jakarta

Senin, 22 Agustus 2022 08:05 WIB
ilustrasi cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk)
ilustrasi cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Waspada. Indonesia akhirnya jebol juga. Kasus cacar monyet untuk pertama kalinya ditemukan di Jakarta. Masyarakat diminta tetap tenang, tidak panik dan tetap mengikuti arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Perupadata mengunggah meme sebuah tangan yang memegang sampel darah dalam botol kecil. Dijelaskan bahwa cacar monyet ditemukan di Indonesia. Yaitu, laki-laki berumur 27 tahun di Jakarta.

Cacar monyet ditemukan di Indonesia

“Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, sebelum Indonesia sudah ada 94 negara lain yang lebih dulu melaporkan kasus cacar monyet,” ujarnya.

“Di Asia Tenggara, sebelumnya Singapura, Thailand dan Filipina sudah duluan mendeteksi kasus cacar monyet,” tambah Perupadata dalam caption-nya.

Baca juga : HUT Ke-51, Kimia Farma Sinergikan CSR Di Jakarta, Baduy Hingga Blitar

Perupadata menambahkan, Pemerintah bakal menambah kapasitas pemeriksaan. Vaksin juga akan diadakan dengan target spesifik. Namun, kata dia, pembatasan pintu masuk belum akan dilakukan.

“Tapi, penerbangan dari negara terjangkit jadi lebih diawasi dan maskapai diminta koperatif jika ada pasien bergejala,” ujarnya.

Akun @ProfesorZubairi meminta masyarakat mewaspadai cacar monyet yang telah menjebol pertahanan Indonesia. Pasien dari DKI Jakarta merupakan laki-laki berusia 27 tahun dan punya riwayat perjalanan ke luar negeri.

“Bukan kejutan. Diklaim juga bahwa gejalanya tidak terlalu berat,” kata dia.

Baca juga : Pasien Cacar Monyet Mau Isoman Di Rumah? Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi

Akun @totosgharto menyarankan, mumpung baru satu kasus cacat monyet, sebaiknya diisolasi dulu saja orangnya di rumah sakit. Pastikan sampai sembuh baru boleh meninggalkan tempat isolasi.

“Jangan mengorbankan masyarakat banyak hanya demi satu orang dengan mengizinkannya isolasi mandiri (isoman). Belum tentu dia disiplin,” tukasnya.

Akun @ilham_sasena meminta Pemerintah segera mensosialisasikan tentang gejala cacar monyet, cara mengobati dan antisipasinya. Selain itu, kata dia, layanan kesehatan harus dipersiapkan dengan baik agar tidak mewabah seperti Covid-19.

“Pemerintah sebaiknya memperketat kembali aktivitas masyarakat karena suatu saat cacar monyet akan mematikan,” saran @greg_top46.

Baca juga : Lindungi Anak-anak Dari Kekerasan Di Jagat Maya

Akun @ihsanrifqi mendesak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera menetapkan status darurat cacar monyet di Indonesia. Termasuk juga, kata dia, membentuk satgas penanganan penyakit tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.