Dark/Light Mode

Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet

Selasa, 23 Agustus 2022 15:01 WIB
Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah arahan, untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus cacar monyet atau monkeypox di Tanah Air.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah diinstruksikan, untuk segera menyediakan vaksin cacar monyet.

“Sudah saya perintahkan kepada Menkes, untuk segera mengurus vaksin," ujar Presiden, dalam keterangannya usai meninjau progres renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Selasa (23/8).

Baca juga : Pesan Jokowi Ke Menteri ATR,: Kasus Sengketa Tanah Jangan Terjadi Lagi

Selain vaksinasi, Presiden juga memerintahkan jajaran terkait  untuk lebih memperketat pemeriksaan di pintu-pintu masuk ke Indonesia.

“Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, dan gerbang-gerbang masuk ke negara kita, itu harus betul-betul dicek secara ketat,” tutur Kepala Negara.

Meski demikian, Presiden meminta masyarakat untuk tidak panik. Karena penularan cacar monyet terjadi pada saat pasien sudah bergejala dan melalui kontak fisik dengan pasien.

Baca juga : Kiai Memaafkan, Tapi Kasih Syarat

“Tidak perlu kita terlalu panik, karena penularannya lewat kontak langsung. Bukan lewat droplet. Saya rasa, yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu,” ujar Presiden.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan mengonfirmasi adanya satu kasus positif cacar monyet pertama di Indonesia pada 20 Agustus 2022.

Kasus ini melibatkan pasien laki-laki berusia 27 tahun, dan memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.