BREAKING NEWS
 

Keren! Infrastruktur Telekomunikasi KTT G20 Sudah Siap 99 Persen

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FAZRY
Rabu, 5 Oktober 2022 13:59 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk mendukung kelancaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 secara umum telah mencapai 99,1 persen.

Semua upaya dikerahkan untuk memastikan layanan telekomunikasi yang mumpuni pada pelaksanaan KTT G20.

“Ada beberapa bagian yang masih akan dituntaskan maksimal akhir Oktober 2022. Di antaranya pemasangan akses poin di beberapa lokasi dan beberapa hal lain. Tapi ini sifatnya hanya merampungkan saja,” kata Direktur Network dan IT Solution PT Telkom Indonesia, Herlan Wijanarko, dalam webinar yang digelar Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk “Kesiapan Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi KTT G20” di Jakarta dikutip Rabu (5/10).

Baca juga : Jokowi Dinilai Berhasil Jaga Persatuan Indonesia

Herlan menjelaskan, telah menjalankan empat program untuk mendukung konektivitas dalam penyelenggaraan KTT G20.

Pertama, ekspansi kapasitas transport & IP backbone hingga 1 Terabyte. Kedua, menyiapkan infrastruktur akses broadband dengan tingkat kehandalan tinggi melalui konfigurasi dual/triple homing serta layanan teknologi wifi generasi 5/6 di 19 venue.

Ketiga, menyediakan layanan mobile dengan coverage 100 persen 4G dan 5G di area Bali yang didukung 3.656 BTS 4G dan 24 BTS 5G.

Adsense

Baca juga : Hore, Penumpang Ke Bali Naik 123 Persen

Keempat, mengamankan jaringan dengan menerapkan Next Generation Firewall dan Anti-DDOS untuk memastikan kehandalan dan keamanan jaringan telekomunikasi selama event KTT G20.

PT Telkom pun memastikan penguatan jaringan telekomunikasi tersebut untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT G20.

“Pulau Bali telah terkoneksi dengan 5 submarine cable, 3 ke arah barat dan 2 ke arah timur. Kita juga siapkan 2 international gateway, satu di Batam dan yang terbaru ada di Manado. Jaringan akses dan jaringan Backhaul menuju BTS sudah Dual Homing. Telkomsel juga menyiapkan 12 BTS Combat, bulan kemarin kita juga sudah rehearsal test dan melakukan stress test pada jaringan,” kata Herlan.

Baca juga : Serang Infrastruktur Jokowi, AHY Blunder Politik

Sumber daya manusia dan tools untuk menyongsong KTT G20 juga dipersiapkan dengan matang. Disamping National Command Center (Jakarta) dan Regional Command Center Regional (Surabaya) yang beroperasi non stop 7 hari 24 jam, Telkom secara khusus menyiapkan Mini Network Operation Center di Nusa Dua Bali yang akan beroperasi non-stop mulai 1 s.d 18 November 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense