BREAKING NEWS
 

Masyarakat Dayak Dorong Amji Attak Jadi Pahlawan Nasional

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Selasa, 1 November 2022 16:41 WIB
Maria Goreti, Senator Dayak Kal-Bar, mendesak Pemerintah Pusat untuk menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Amji Attak. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Dayak berbangga karena memiliki pahlawan Dwikora, Amji Attak. Amji Attak merupakan Ranger Resimen Pelopor Brimob Polri yang ikut berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI.

Kisah perjuangan yang heroik Amji Attak dalam mempertahankan NKRI ditulis menjadi sebuah buku berjudul "Amji Attak Ranger Andalan Jenderal Anton Soedjarwo".

Buku itu ditulis oleh wartawati perempuan asal suku Dayak Bidayuh, Kalbar, Christina Salomita Lomon Lyons. Christina menceritakan, ketika menulis buku Amji Attak kondisi dunia, tak terkecuali di Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Banyak pembatasan sosial.

Ketika banyak waktu di rumah saat pandemi ia memulai untuk menulis kisah heroik Amji Attak.

Baca juga : Masyarakat Dan Santri Dieng Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

"Kami memiliki garis keturunan yang sama, berasal dari suku Dayak. Saya keturunan sub suku Dayak Bidayuh, Sekayam, Kabupaten Sanggau di perbatasan Entikong, Sarawak-Malaysia," tutur Christina dalam keterangan pers, dikutip Senin (31/10).

Selain itu, ia kagum dengan perjuangannya. Melalui keahlian menulis ia ingin memberikan sumbangsih terhadap kemajuan suku Dayak di Indonesia melalui sebuah buku sejarah.

Dia bilang sosok Ranger Amji Attak jauh dari kesan sangar. Perawakannya kecil langsing, dengan tinggi 160 cm. Namun dia punya mental juang tinggi, pemberani dan menjadi andalan Jenderal Anton Soedjarwo yang dulunya merupakan siswa satu angkatan di Sekolah Ranger, Sekolah Pendidikan Mobile Brigade di Watukosek, Porong, Jawa Timur tahun 1959.

Secara pengalaman dalam strategi Operasi Militer, Jenderal Anton Soedjarwo mengakui kemampuan Amji Attak yang mumpuni, selain diuntungkan karena memiliki tubuh kecil.

Baca juga : Jaga Daya Beli Masyarakat, Kunci Lolos Dari Hantaman Krisis Global

Dalam kegiatannya menjadi mata-mata, dia selalu sukses melenggang masuk ke Malaysia tanpa dicurigai sebagai intelijen. Polisi saja sulit untuk membedakan, apalagi orang awam.

"Saya mengumpulkan sejumlah data tentang Amji Attak sejak 2015, sempat terputus, berlanjut Mei 2018, sambil melakukan riset dan penelitian ke Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Melakukan wawancara terhadap sejumlah tokoh yang mengenal dan cukup dekat dengan sosok Amji Attak," imbuh Christina.

Dia bersama suaminya, Mick Lyons asal USA yang membantu sebagai videographer, fotografer dan desain artistik, terbang ke Pontianak, Kalbar. 

Ia berkendara ke kampung halaman Amji Attak, di Anjungan, Kabupaten Mempawah, Kalbar, untuk bersilaturahmi, sambil melakukan wawancara kepada keluarga besarnya.

Baca juga : Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI Jadi Media Perekat Bangsa

"Buku berhasil saya selesaikan penulisannya pada Februari 2020, "ujar mantan Redaktur, dan Pemimpin Redaksi di Tabloid Wanita Indonesia ini.

Selain buku karyanya, Tim Humas Mabes Polri juga telah membuat film dokumenter" Ksatria Amji Attak Lokal Hero's yang tayang di TV One, Jum'at (15/10).

Ia berharap, melalui buku tersebut, sosok Amji Attak bisa menjadi role models bagi generasi muda Indonesia dan mampu menginspirasi banyak anak muda untuk memiliki pendirian, komitmen menjadi generasi penerus yang andal dalam segala bidang.

Juga, menjadi jujur, tekun, kreatif dan pemberani, serta mau melatih skills sesuai minat dan bakat mereka yang bisa menjadi kebanggaan di setiap era.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense