BREAKING NEWS
 

IKN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintahan Di Kaltim

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Rabu, 9 November 2022 19:01 WIB
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Kutai Kartanegara (LPPM Unikarta) Suprapto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Kutai Kartanegara (LPPM Unikarta) Suprapto menilai, bahwa keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal memberikan dampak positif, khususnya bagi kualitas pelayanan publik.

Hal ini disebabkan pembangunan yang saat ini sudah mulai berlangsung akan meningkatkan angka migrasi penduduk yang cukup besar ke Kaltim, karena wilayah IKN Nusantara disebut sangat menjanjikan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Dampak positif lainnya adalah meningkatnya kualitas pelayanan pemerintahan daerah dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kaltim," kata Suprapto kepada wartawan di Unikarta, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dalam keterangannya, Rabu (9/11).

Baca juga : Erick Pastikan, BUMN Beri Pelayanan Terbaik Untuk KTT G20

Bahkan, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta tersebut juga meyakini bahwa pembangunan IKN juga akan memberikan dampak yang baik untuk kelangsungan sektor ekonomi masyarakat.

"Tidak terbantahkan juga, bahwa IKN akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kaltim. Di antaranya, meningkatnya investasi di sektor pendidikan, kesehatan dan utamanya pada sektor pangan pertanian yang akan semakin meningkat dengan baik," ujarnya.

Adsense

Efek positif lain menurut Suprapto dari keberadaan IKN Nusantara tersebut adalah pertumbuhan ekonomi yang pesat di IKN, karena wilayah Kaltim akan menjadi pusat ekonomi dan berdampak positif terhadap masyarakat sekitar.

Baca juga : Terapkan Kebijakan ASO, Pemerintah Diminta Perhatikan TV Lokal

"Pembangunan infrastruktur, energi dan transfortasi yang dibangun pemerintah, memberikan kemudahan aksebilitas dan konektifitas ke sumber perekonomian akan semakin lancar," tandasnya.

Kemudian, ia juga yakin dengan berbagai potensi pertumbuhan itu tidak akan hanya dirasakan oleh masyarakat di Kaltim saja. Bahkan bisa merembet ke berbagai daerah lain di Pulau Kalimantan secara menyeluruh.

"Pembangunan IKN di PPU akan memberikan dampak daerah lain dan sekitarnya akan semakin tumbuh, karena lokasi IKN menjadi pusat ekonomi dan produksi," sambungnya.

Baca juga : Kementan Gandeng TNI Percepat Vaksinasi Dan Penandaan Ternak Di Jateng

Pun demikian, akademisi tersebut berharap semua stakeholders tetap memperhatikan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal, sehingga mereka tidak menjadi korban dari pembangunan IKN tersebut.

"Disadari, IKN juga memberikan dampak tumbuh persaingan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM), persaingan kesadaran peningkatan kapasitas SDM juga kian tumbuh. Ini juga harus disadari oleh penduduk lokal dan pengambil kebijakan lokal, bahwa SDM yang berkualitas akan memperkuat sektor perekonomian," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense