BREAKING NEWS
 

Hadapi Krisis Kesehatan

Jokowi: Dunia Harus Siap

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Kamis, 17 November 2022 08:00 WIB
Presiden Jokowi, saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, bidang kesehatan, di Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: Biro Pers)

 Sebelumnya 
Sedangkan isu prioritas kedua yaitu, menyelaraskan standar protokol kesehatan global, agar terdapat standar yang sama tentang peraturan terkait PCR, karantina, dan lainnya yang selama ini berbeda-beda di tiap negara.

Isu prioritas ketiga pengem­bangan pusat studi serta manu­faktur untuk pencegahan, persiapan, dan respons terhadap krisis kesehatan yang akan da­tang.

Hal ini idealnya terdapat di berbagai negara bukan hanya di negara-negara yang pendapatan­nya tinggi saja.

Baca juga : Indonesia Diacungi Jempol Sama WHO

Mantan Wakil Menteri BUMN ini menjelaskan, pada rangkaian agenda KTT G20 telah berhasil membentuk pandemic fund yang diluncurkan secara resmi oleh Presiden Jokowi (14/11).

Pandemic fund digunakan untuk pencegahan, kesiap­siagaan, dan respons menghadapi pandemi berikutnya.

Menurutnya, perihal pembiayaan dibutuhkan sebesar 31,1 miliar dolar AS setiap tahunnya untuk membiayai sistem pence­gahan, kesiapsiagaan, dan re­spon terhadap pandemi di masa yang akan datang.

Baca juga : Kementan Dorong Petani Muda Indonesia Sasar Papua

Ini hasil studi yang dilakukan Bank Dunia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) awal tahun ini.

Saat ini telah terkumpul dana 1,4 miliar dolar AS untuk mengatasi kesenjangan dalam pencegahan, kesiapsiagaan dan respons pandemi yang akan datang.

Dana pandemi ini merupa­kan sumber daya tambahan yang nantinya ditujukan untuk mempersiapkan dalam kondisi mendesak.

Baca juga : Pidato Di KTT G20, Jokowi: Jangan Ada Perang Dingin Lagi

Adapun negara pendonor pan­demic fund antara lain Australia, Kanada, Komisi Eropa, Perancis, Jerman, China, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Norwegia, Afrika Selatan, Singapura, Inggris, Spanyol, Amerika Serikat dan UEA.

Selanjutnya tiga filantropi, yaitu The BIll & Melinda Gates Foundation, The Rockefeller Foundation, dan Welcome Trust.

Dana pandemi adalah lan­dasan di mana kita akan membangun kembali dan memperkuat arsitektur kesehatan global. Ini merupakan kemajuan besar pertama dari prioritas jalur kesehatan G20 tahun ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense