Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Ikut Terlibat Hadapi Situasi Krisis

Presiden Jokowi Apresiasi Peranan Tokoh Agama

Jumat, 4 November 2022 17:12 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji peran para tokoh agama yang ikut terlibat dalam situasi sulit melanda Indonesia, terutama saat Pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Jokowi pada Pembukaan G20 Religion Forum (R20) yang hadir secara daring, Rabu (2/11).

Jokowi mengatakan, Indonesia negara besar yang terdiri dari 17 ribu pulau dengan tiga zona waktu yang berbeda, berpenduduk lebih dari 275 juta jiwa.

Selain itu, Indonesia juga terdiri dari atas 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal, yang memeluk enam agama yang berbeda.

Baca juga : Presiden Tak Melarang, Tapi Kasih Peringatan

"Indonesia adalah negara yang sangat majemuk dalam suku, bahasa, dan agama. Tetapi, kami dipersatukan oleh ideologi negara yaitu Pancasila. Kami dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, unity in diversity,” ucap Jokowi dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat (4/11).

Jokowi mengungkapkan tokoh agama hal yang tak terpisahkan dari perjalanan bangsa hingga saat ini. Tokoh agama lah yang mempersatukan semua kekuatan bangsa Indonesia di tengah kemajemukan.

"Tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang diraih di tahun 1945. Tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian utama untuk mempersatukan Indonesia,” jelas Jokowi.

Baca juga : Jokowi Perkuat Bulog

Mantan Wali Kota Solo ini menyebut, tokoh agama bagian penting dalam menjalankan pemerintahannya. Bahkan, kesuksesan program pemerintah sangat terbantu oleh peran dari para tokoh agama.

“Keberhasilan yang dicapai Indonesia saat ini, termasuk dalam menangani pandemi Covid-19, juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama. Masjid, gereja, pura, vihara, dan klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang,” ungkap Jokowi.

“Gotong royong lintas pemeluk agama juga menjadi kebanggaan Indonesia,” tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.