BREAKING NEWS
 

Gempa Cianjur, PUPR Data Rumah Warga Yang Rusak

Reporter & Editor :
MUHAMAD FIKY
Rabu, 23 November 2022 17:33 WIB
Rumah masyarakat ambruk akibat terdampak gempa di Cianjur Jawa Barat, Senin (21/11) siang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pendataan rumah masyarakat yang rusak akibat terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat. 

Pendataan rumah rusak dilakukan dengan menggunakan aplikasi Rumah Terdampak Bencana (Rutena). Hal tersebut dilaksanakan untuk membantu dan mempercepat proses pendataan hunian yang mengalami rusak ringan, rusak sedang, rusak berat sehingga masyarakat bisa segera mendapatkan bantuan perbaikan rumah dari Pemerintah.

Baca juga : Gempa Cianjur, 32 Siswa Meninggal Tertimbun Rumah

"Kami memanfaatkan teknologi informasi dengan penggunaan aplikasi Rutena untuk pendataan rumah yang terdampak bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat meninjau lokasi bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11).

Adsense

Menurut Iwan, Kementerian PUPR juga mengerahkan sejumlah peralatan berat serta menggandeng Pemerintah Daerah setempat dan dalam proses penanganan bencana alam serta pendataan rumah yang rusak di Cianjur. Hal tersebut perlu dilaksanakan agar Pemerintah bisa menetapkan jumlah rumah yang harus mendapatkan bantuan sekaligus mengalokasikan anggaran perbaikan rumah.

Baca juga : Gempa Cianjur, Kemenag Berikan Bantuan dan Layanan Trauma Healing

"Penanganan dan pendataan hunian masyarakat yang terdampak bencana alam harus cepat dilakukan dan jangan sampai ada data yang dobel. Kami ingin operasi kemanusiaan ini bisa segera dilaksanakan karena masyarakat sangat membutuhkan bantuan hunian layak dari pemerintah," katanya.

Kementerian PUPR, imbuhnya, juga melatih pegawai dari dinas perumahan setempat, tenaga fasilitator lapangan (TFL), Satuan Kerja Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa Barat dan Balai P2P Jawa II dalam penggunaan aplikasi Rutena. 

Baca juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, Muhaimin Kirim Tim Khusus

"Kami akan terus mengupdate data rumah yang terdampak lewat hasil monitoring di lapangan," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense