Dark/Light Mode

Bantu Korban Gempa Cianjur, Muhaimin Kirim Tim Khusus

Selasa, 22 November 2022 21:18 WIB
Ketua Tim DPP PKB Peduli Cianjur Cucun Ahmad Syamsurijal (memakai topi), menyapa warga korban gempa Cianjur, Selasa (22/11). (Foto: Dok. PKB)
Ketua Tim DPP PKB Peduli Cianjur Cucun Ahmad Syamsurijal (memakai topi), menyapa warga korban gempa Cianjur, Selasa (22/11). (Foto: Dok. PKB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana gempa bumi Cianjur yang menelan korban ratusan jiwa memantik keprihatinan banyak kalangan. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar pun mengirimkan tim khusus untuk melakukan aksi tanggap bencana.

“Hari ini kami berangkat ke lokasi gempa di Cianjur untuk menyampaikan duka mendalam dari Gus Muhaimin atas bencana yang dirasakan saudara-saudara kami di Cianjur. Kami menyiapkan beberapa kebutuhan untuk situasi tanggap bencana,” ujar Ketua Tim DPP PKB Peduli Cianjur Cucun Ahmad Syamsurijal, Selasa (22/11).

Tim DPP PKB Peduli Cianjur berangkat dengan kekuatan penuh. Mereka terdiri dari Ketua Fraksi PKB DPR sekaligus pimpinan rombongan Cucun Ahmad Syamsurijal, Wakil Ketua Komisi VII DPR Marwan Dasopang, Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanul Haq, Lukman Hakim, dan Nurhud Yusro. Selain itu bergabung juga Ketua DKN Garda Bangsa Tommy Kurniawan, Bendahara DKN Garda Bangsa Rano Alfath. Tak ketinggalan anggota Fraksi PKB asal Cianjur Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

Baca juga : Bank Mandiri Salurkan Ribuan Paket Makanan Untuk Korban Gempa Cianjur

Cucun mengatakan, gempa Cianjur cukup menyesakkan. Betapa tidak, dari ratusan korban yang meninggal, sebagian besarnya adalah anak-anak. “Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama. Maka sebisa mungkin kita lakukan upaya membantu untuk meringankan beban psikologis para korban,” ujarnya.

Politisi asal Bandung ini mengungkapkan, sesaat setelah kejadian gempa Cianjur, Muhaimin langsung mengumpulkan jajaran DPP PKB. Kebetulan saat itu para pengurus DPP sebagian besar berkumpul karena baru saja menghadiri peluncuran pembentukan lembaga saksi PKB dalam Pemilu 2024.

“Saat itu juga, Gus Muhaimin memimpin doa khusus dan menginstruksikan membentuk tim Peduli Gempa Cianjur untuk mengkonsolidasikan bantuan dari kader baik yang di legislatif maupun eksekutif,” ujarnya.

Baca juga : DKI Kirim Bantuan Ke Lokasi Terdampak Gempa Cianjur

Cucun menerangkan, untuk tahap pertama, terkumpul 1.500 paket sembako, tim tenaga medis, ratusan paket obat-obatan, dan uang tunai Rp 100 juta. DPP PKB juga menginstruksikan pembentukan Posko Bencana di beberapa titik di Cianjur dan sekitarnya. “Bantuan ini akan disalurkan melalui DPC PKB Cianjur dan Relawan Gus Muhaimin yang akan turun membantu dari proses tanggap bencana hingga proses rehabilitasi nanti,” ujarnya.

Cucun pun meminta agar semua pihak waspada terhadap potensi terjadinya bencana di berbagai wilayah di Indonesia. Sesuai prediksi BMKG, potensi bencana di akhir tahun ini cukup tinggi, baik bencana hidrometeorologi maupun bencana lain.

“Seperti biasa kita harus meningkatkan kewaspadaan di akhir dan di awal tahun karena biasanya potensi bencana di waktu-waktu itu cukup tinggi terjadi. Kami berharap Pemerintah dan para pemangku kepentingan lain waspada terhadap potensi bencana ini,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.