BREAKING NEWS
 

Pengamat: Moeldoko Pemimpin Perubahan Hadapi Indonesia Emas 2045

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Kamis, 23 Februari 2023 14:59 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Pusat Studi Islam dan Demokrasi, Nazar El Mahfudzi menilai Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko merupakan sosok pemimpin perubahan menjemput Indonesia Emas 2045. Pilihan Nazar bukan tanpa alasan.

Dia mengatakan bahwa Moeldoko mampu menjalankan visi besar pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Pertama, Pak Moeldoko bekerja secara strategis meningkatkan kualitas pertanian dan ketahanan pangan masyarakat. Kedua, meningkatkan produk-produk ekspor UMKM naik kelas melalui keutungan komparatif," terang Nazar dalam keterangannya Kamis, (23/2).

Tak ketinggalan menurut pengamatannya, inovasi di bidang industri kendaraan listrik dan surya yang diupayakan Moeldoko. Hal itu menjadi kredit poin baginya dibandingkan tokoh-tokoh lainnya.

Baca juga : Pagi Ini, Rupiah Perkasa Hadapi Dolar AS

Selain itu, tak kalah penting adalah upaya menetapkan kebijakan pengembangan industri hilir sumber daya alam (SDA).

"Terobasan-terobosan baru KSP Moeldoko itulah diharapkan agar Indonesia mampu keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah dan menjadi negara kaya sebelum tahun 2045," lanjut Nazar.

Adsense

Nazar lantas merujuk hasil riset sejumlah lembaga internasional yang menyebutkan Indonesia menjadi salah satu negara perekonomian terbesar di dunia.

Berdasarkan ramalan McKinsey Global Institute (2012), Indonesia akan menjadi perekonomian terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030. Pricewaterhouse Coopers (2017) juga meramalkan, Indonesia akan menjadi perekonomian terbesar ke-5 dunia pada tahun 2030.

Baca juga : Moeldoko: Pemimpin Harus Bergerak, Jangan Menunggu

Bahkan Standard Chartered, Plc (2019) lebih optimis lagi yang meramalkan Indonesia akan menjadi perekonomian terbesar ke-4 dunia pada tahun 2030.

Nazar menyatakan bahwa upaya Moeldoko tersebut sejalan dengan pesan yang ditekankan oleh Presiden Jokowi agar tongkat estafet birokrasi tidak bekerja secara rutinitas.

"Peran strategis KSP Moeldoko mampu berpikir secara out of the box menggalang kekuatan generasi muda potensial," kata Nazar.

Nazar mengungkap bahwa Moeldoko sangat menangkap esensi kekuatan generasi muda tersebut. Bahkan dalam penilaian Nazar, Moeldoko menghimpun dan memimpin kekuatan anak-anak muda.

Baca juga : Jokowi Targetkan Pekerjaan Sungai Ciliwung Tuntas 2024

"Banyak terobosan yang dilakukan Pak Moeldoko melalui berbagai lembaga dan organisasi milenial untuk bekerja aktif bersinergi mengawal pemerintahan Jokowi hinga pemilu 2024," tutup Nazar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense